Begini Cara Memasak Beras Basmati agar Lembut dan Pulen

Ilustrasi beras basmati (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 2 Mei 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Beras basmati adalah jenis beras yang sering digunakan untuk membuat nasi briyani. Jika dibandingkan dengan beras pada umumnya, beras basmati memiliki ciri bentuk yang lebih panjang.

Pada dasarnya memasak nasi basmati tidaklah sulit. Memasaknya hampir sama dengan memasak jenis beras lainnya. Namun ia memang membutuhkan sedikit persiapan. Berikut adalah cara memasak beras basmati yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Cuci beras

Pertama-tama, sebelum memasak kamu harus mencuci beras basmati. Hal ini menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa pati yang dikandung beras ini telah hilang.

Dalam mencucinya kamu tidak perlu mencuci beras hingga airnya jernih, namun setidaknya kamu harus mencucinya beberapa kali. Aduk nasi dengan tangan, lalu kuras dan ulangi lagi sampai 2 hingga 3 kali.

2. Rendam beras

Setelah mencuci beras, ada baiknya jika kamu merendam beras terlebih dahulu. Tujuannya adalah membuat nasi agar menjadi lembut dan pulen. Caranya kamu bisa merendam beras basmati yang akan kamu masak, terlebih dahulu dalam waktu beberapa menit.

3. Tambahkan air

Selanjutnya adalah mengetahui takaran air dengan beras basmati untuk memastikan tingkat kematangannya agar nasi tidak terlalu lembek atau kering. Menurut MasterClass, dibutuhkan 118 ml air untuk memasak 195 gram beras basmati.

Baca Juga: Begini Cara Memasak Beras Basmati agar Lembut dan Pulen
Survei Menunjukkan Nasi Masih Jadi Pilihan Utama Warga Jepang

4. Metode memasak

Untuk metode memasak, sebenarnya juga sama seperti memasak nasi putih pada umumnya. Kami bisa menggunakan rice cooker atau panci berat di atas kompor. Jika kamu menggunakan rice cooker, kamu hanya perlu membutuhkan waktu kira-kira 15 menit.

Namun jika menggunakan panci, kamu membutuhkan waktu kira-kira 30-45 menit. Namun hal ini bisa saja berbeda, tergantung merek rice cooker yang digunakan di rumah.

Video Terkait