Apa yang Harus Dikonsumsi ketika Diare? Berikut Penjelasannya

Ilustrasi orang minum air es (Pexels)

Editor: Putri - Sabtu, 30 April 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Kebanyakan orang akan berada di titik di mana ia mengalami diare, setidaknya sekali atau dua kali setahun. Dalam kebanyakan kasus, gejalanya akan hilang dalam beberapa hari.

Orang dapat menghadapi gejala diare dengan beristirahat, tetap terhidrasi, dan melakukan penyesuaian pola makan tertentu. Namun perlu diketahui makanan tertentu justru memperburuk gejala.

Meskipun diare sesekali dapat diatasi sendiri di rumah, siapa pun yang mengalami diare persisten harus ke dokter. Karena mereka yang mengalami diare dapat mengalami dehidrasi seiring waktu.

Diare adalah kondisi di mana seseorang buang air besar yang teksturnya lebih cair. Hal ini adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi seseorang. Diare biasanya akan sembuh dalam waktu seminggu atau kurang.

Orang dengan kondisi pencernaan kronis, seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau penyakit Crohn, mungkin mengalami diare lebih sering. Saat pulih dari diare, seseorang harus makan makanan hambar, makanan yang mudah dicerna dan makanan yang membantu menyerap air dari tinja.

Mengutup Health News Today, orang dengan diare harus makan makanan hambar. Hal tersebut dikarenakan makanan pedas atau kompleks dapat mengiritasi usus. Beberapa makanan yang direkomendasikan saat diare adalah;

  • Pisang
  • Nasi putih polos
  • Roti atau roti panggang
  • Kentang rebus
  • Sereal panas, seperti oatmeal atau bubur

Makanan ini mungkin sangat membantu pada hari pertama diare. Makan porsi kecil dengan frekuensi sering juga membantu menjaga sistem pencernaan agar tidak terlalu banyak bekerja.

Selain itu, saat diare disarankan untuk mengonsumsi probiotik seperti yogurt dan kefir. Probiotik membantu pencernaan dengan meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus.

Namun, produk susu dapat mengiritasi sistem pencernaan karena sulit dicerna. Karena itu, seseorang mungkin ingin mencoba sumber probiotik yang bukan dari susu sapi seperti susu kedelai yang difermentasi, buah-buahan, dan sayuran.

Apa yang harus diminum?

Minuman juga penting untuk pemulihan diare. Orang dengan diare perlu minum banyak air sepanjang hari, dan secangkir air setelah setiap buang air besar.

Baca Juga: Apa yang Harus Dikonsumsi ketika Diare? Berikut Penjelasannya
Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Radang Tenggorokan

Minum banyak air membantu mencegah dehidrasi dan membuang racun keluar dari tubuh. Seperti halnya air, tubuh kehilangan mineral dan elektrolit melalui diare.

Orang dengan diare juga harus mencoba untuk minum minuman yang mengandung mineral dan elektrolit. Sumber elektrolit dan mineral termasuk sup atau kaldu, air kelapa dan air elektrolit. 

Video Terkait