Lama Ditinggal Mudik, Perhatikan Kualitas Beras di Dapurmu!

Ilustrasi beras. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Minggu, 1 Mei 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Beras memiliki masa kadaluarsa yang harus diperhatikan. Apalagi ketika meninggalkan rumah untuk mudik, jangan lupa perhatikan kondisi beras ketika sudah kembali lagi ke rumah.

Beras memiliki masa kadaluarsa tetapi tergantung dari jenisnya. Tidak hanya beras putih tetapi beras merah, hitam dan coklat juga memiliki masa kadaluarsa.

Beras merah dan hitam memiliki usia yang jauh lebih pendek dari beras putih. Penyebabnya karena beras hitam dan merah tidak mengalami proses penggilingan.

Selain itu, kandungan minyak dan lemak yang tinggi akan membuat beras merah dan hitam jadi lebih cepat tengik. Untuk kestabilannya, kedua jenis beras ini sebaiknya disimpan pada suhu kamar dan tempat kering.

Sementara itu, nasi putih dapat bertahan hingga dua tahun dalam 26 derajat Celcius. Bahkan beras putih dapat didinginkan dan dibekukan untuk membuat umurnya semakin panjang.

Baca Juga: Lama Ditinggal Mudik, Perhatikan Kualitas Beras di Dapurmu!
12 Jam Mudik Jakarta-Nagreg Pakai Bajaj Hadapi Macet Hingga Banjir

Ciri beras kedaluwarsa bisa dilihat dari kondisi fisiknya. Biasanya, beras yang kadaluwarsa akan mengalami tanda-tanda pembusukan seperti lubang, serangga atau kutu beras, kelembapan atau air yang bikin bertumbuhnya jamur.

Sedangkan untuk beras merah akan terjadi perubahan warna, bau anyir atau tengik serta tekstur berminyak.

Untuk menjaga kualitas beras sebaiknya simpan di tempat yang kering dan dingin. Selain itu gunakan wadah kedap udara untuk melindunginya dari serangga dan kelembapan.

Video Terkait