Mengenal 5 Jenis Sarang Burung Walet dan Perbedaannya

Ilustrasi - Sarang burung walet. (Pixabay/cegoh)  

Editor: Tanti Malasari - Senin, 2 Mei 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Sarang burung walet adalah makanan yang dikenal memiliki banyak manfaat. Jenis dan warnanya tidak hanya putih saja tetapi ada sangat banyak. Keragaman ini dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan, seperti daerah asal, tingkat populasi, kebersihan udara, kebersihan tempat tinggal. serta standar air di rumah burung walet.

Sebelum membeli, ada baiknya kamu mengenal jenis-jenis sarang burung walet dengan benar. Sebab ada banyak sekali jenis-jenisnya yang dijual di pasaran. Biar tidak salah, mari simak penjelasan penjelasan berikut ini.

1. Sarang Walet Putih Original (Mangkok)

Jenis sarang yang ini dihasilkan dari bulu ringan burung walet. Dengan proses dry processing, biasanya para penjual hanya mencabuti bulu ringan yang ada sarang burung walet ini. Selain itu penjual juga menghilangkan kumannya dengan menggunakan cara steam atau penguapan. Dalam melakukan proses ini, penjual melakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak tulang atau serat pada sarang walet.

2. Sarang Walet Segitiga atau Sudut

Sesuai dengan namanya, jenis sarang walet ini memiliki bentuk tubuh yang sudut-sudutnya runcing seperti segitiga. Hal inilah yang membuat namanya dikenal dengan sebutan sarang walet segitiga. Sarang ini bisa Sobat Agri temukan pada berbagai sudut di dalam bangunan rumah walet.

3. Sarang Walet Patahan

Selanjutnya adalah jenis sarang walet patahan. Dinamakan demikian karena bentuknya yang berbeda dengan jenis sarang burung walet lainnya. Jika dilihat dari bentuk bentuknya, sarang ini memang tidak sempurna.

Apalagi jika mennggunakan alat-alat untuk memanen sarang, bisa kemungkinan besar memicu sebuah patahan. Tak jarang pula sarang ini mengalami kerusakan saat proses pengiriman. Bentuknya yang gampang patah inilah yang membuatnya menjadi paling murah diantara jenis sarang walet yang lain.

4. Sarang Walet Strip

Sarang walet yang ini bentuknya masih nampak seperti mangkok. Meski begitu, bentuknya tidak beraturan. Bahkan lebih mirip dengan bentuk patahan. Pembuatan sarang ini dilakukan tanpa pencetakan walaupun setelah proses pembersihan dilakukan.

Untuk harga sarang walet strip tidak jauh berbeda dengan harga sarang walet patahan. Dalam pemanfaatannya, sarang ini kerap dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan sup walet yang kaya akan nutrisi bagi kesehatan.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Sarang Burung Walet dan Perbedaannya
Menkop UMKM: Usaha Minuman Sarang Burung Walet Bisa Bertahan di Tengah Badai Covid-19

5. Sarang Walet Merah

Sarang ini disebur sarang walet merah karena sarang ini memiliki warna merah seperti darah. Alasannya adalah ketika burung ini membuat sarangnya, ait liurnya bercampur dengan darah. Namun darah ini bukan berasal dari darah akibat perkelahian atau penyakit, melainkan dari burung walet yang sedang mengeluarkan atau membuang telurnya.

Diantara keempat jenis sarang walet lainnya, jenis ini termasuk yang sangat mahal. Hal ini dikarenakan kehadiran sarang ini bisa dibilang sudah cukup langka.

Video Terkait