Simak Begini Tips Aman Mengonsumsi Jamur Enoki Agar Tetap Aman

Ilustrasi Jamur Enoki (Ecowatch)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 8 Mei 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Beberapa waktu lalu, jamur enoki sempat dimusnahkan atas rekomendasi Kementerian Pertanian (Kementan). Tindakan ini dilakukan karena ditemukan kontaminasi bakteri Listeria monocytogenes pada jamur enoki dari perusahaan Green Co Ltd, Korea selatan.

Namun terlepas dari berita tersebut, sebenarnya jamur enoki yang bukan dari perusahaan Korea masih aman dikonsumsi. Meski bergitu Sobat Agri harus tetap melakukan langkah pencegahan infeksi bakteri listeria dengan mengikuti standar kebersihan dan keamanan pangan saat mengolahnya. Bagaimana caranya?

Tips aman mengonsumsi jamur enoki

Baca Juga: Simak Begini Tips Aman Mengonsumsi Jamur Enoki Agar Tetap Aman
Benarkah Jamur Enoki Bisa Mengganggu Kesehatan Manusia? Simak Ulasannya Disini!

1. Jangan lupa sebelum mulai mengolah makanan, pastikan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik.
2. Selain tangan pastikan juga seluruh peralatan yang Sobat Agri gunakan juga sudah dicuci sampai bersih.
3. Bila memungkinkan cuci peralatan masak menggunakan air panas supaya tidak ada lagi kuman atau bakteri apa pun yang menempel pada permukaannya.
4. Setelah itu, cuci jamur enoki di bawah air yang mengalir.
5. Bila Sobat Agri ingin memotong jamur di talenan, gunakan talenan yang berbeda dari yang biasa kamu gunakan untuk memotong daging mentah.
6. Lalu masak makanan kamu sampai benar-benar matang. Kamu bisa mengolah jamur enoki dengan cara direbus, ditumis, atau digoreng.
7. Bila memungkinkan, gunakan termometer makanan untuk memastikan jamur enoki yang kamu masak matang sempurna dengan suhu yang aman.

Itulah antisipasi agar kamu bisa mengonsumi jamur enoki dengan aman. Namun jika kamu mengalami gejala infeksi listeria setelah mengonsumsi jamur enoki, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Video Terkait