Indomie Dianggap Tak Layak Dikonsumsi di Negara Ini, Kok Bisa?

Ilustrasi indomie. ([email protected])

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 29 April 2022 | 18:50 WIB

Otoritas Keamanan Pangan Mesir (FSA) mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka telah memberi 48 jam untuk menarik Indomie dari pasar Mesir karena dinilai tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh uji keamanan pangan berkala (FSA) paket cabai Indomie dan paket rasa ayam dan sayuran ditemukan tidak sesuai untuk konsumsi manusia karena adanya aflatoksin dan residu pestisida dalam jumlah yang melebihi batas aman, seperti dikutip dari Ahram online.

FSA menyatakan bahwa dalam temuannya, mereka memutuskan untuk menarik produk yang dipermasalahkan dari rantai pasokan makanan, melarang penjualan paket cabai dan rasa yang tidak sesuai, dan memberi Indomie Mesir 48 jam untuk menarik produk dari rak-rak toko.

FSA juga memerintahkan perusahaan untuk menghapus klaim kandungan vitamin B, zat besi, seng dan kalsium pada paket produknya.

Selain itu, FSA juga meminta agar Indomie Mesir untuk berhenti berurusan dengan perusahaan yang memproduksi bubuk cabai sampai tindakan korektif diambil untuk memastikan bahwa produk tersebut bebas dari kontaminan dan patogen.

Sejak adanya keputusan dari FSA tersebut, sebanyak 733.340 dus indomie telah ditarik. Selain menarik produk yang tak sesuai, Indomie di Mesir kini menawarkan varian mi instan tanpa cabai.

Awal April lalu, muncul keluhan dari orang tua tentang anaknya yang jatuh sakit setelah makan mie instan rasa cepat dan murah itu.

Video Terkait