Ini Dia Manfaat Tak Terduga Jika Menaruh Cuka Disamping Kompor

Ilustrasi arus lalu lintas mudik (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 27 April 2022 | 15:10 WIB

Sariagri - Cuka merupakan salah satu bahan tambahan yang digunakan untuk menambahkan rasa asam pada masakan. Rasa asam ini dihasilkan melalui proses fermentasi cairan beralkohol atau cairan manis yang telah difermentasi untuk menghasilkan etanol oleh bakteri asam asetat.

Ketika berada di tempat jualan bakso, soto, kamu akan sering melihat cuka di meja saji. Pasalnya cuka memang kerap digunakan saat menyantap bakso kuah, membuat acar ataupun masakan asam lainnya.

Meletakkan Cuka di Samping Kompor

Selain digunakan sebagai penambah rasa pada makanan, ternyata cuka memiliki manfaat lain yang tidak terduga.

Bagi Sobat Agri yang sering menggoreng ikan, terutama ikan asin, biasanya akan menimbulkan aroma yang tidak sedap di seluruh ruangan. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan seisi rumah, apalagi jika ada yang tidak menyukai bau ikan.

Namun jangan khawatir, coba saja kamu taruh semangkuk kecil berisi cuka di samping kompor.

Hal ini memang terdengar sangat aneh, namun ternyata meletakkan cuka di samping kompor ternyata memiliki manfaat loh. Manfaatnya yaitu mampu menghilangkan bau ikan secara cepat.

Saat menggoreng ikan, taruh semangkuk kecil cuka putih di sebelah kompor. Dengan begitu cuka ini dapat menyerap bau dan membuat ruangan berbau bersih dan segar.

Sobat Agri tidak perlu khawatir dengan aroma cuka yang menyengat, sebab nanti aromanya akan memudar saat sudah mengering.

Lantas bagaimana jika tidak memiliki cuka di rumah, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi bau ikan di dapur? Berikut ulasannya.

1. Membersihkan permukaan dapur dengan jus lemon

Ketika kamu telah selesai memasak ikan, jangan lupa untuk membersihkan area kerja seperti meja dapur dengan menggunakan jus lemon.

Jus lemon ini ternyata ampuh mengurangi jejak bau ikan yang tertinggal yang ada di sekitar dapur. Selain itu kamu juga bisa menggunakan jus lemon dengan cara direbus beberapa menit dengan tambahan air.

Aroma yang keluar dari rebusan ini juga bisa menghilangkan aroma ikan di dapur.

2. Merebus rempah beraroma

Selain jus lemon, kamu juga bisa merebus rempah-rempah. Sama seperti jus lemon sebelumnya, metode ini bisa kamu lakukan setelah selesai memasak ikan.

Caranya dengan mendidihkan air berisi rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, atau rosemary. Lalu biarkan aroma rebusan rempah tersebut menyebar di ruangan.

Lalu kamu juga bisa menyemprotkan air rebusan rempah ini di sudut-sudut ruangan sebagai pengharum alami.

3. Menutup wajan

Tidak hanya itu saja, ada juga cara lain untuk menghilangkan bau ikan di dapur, yaitu dengan menutup wajan atau panci yang digunakan saat memasak ikan.

Cara ini selain membuat aroma ikan tidak dapat menyebar, juga membuat ikan dimasak bisa menjaga kelembapan daging ikan sehingga hasil masakannya lembut dan empuk.

Namun jika kamu ingin mengolah dengan cara dipanggang di atas teflon, pastikan untuk membungkus ikan dengan aluminium voil atau daun pisang.

4. Menyalakan kipas mulai dari sebelum, sampai setelah memasak

Cara ini menjadi cara yang banyak digunakan. Dengan menyalakan kipas akan membantu sirkulasi udara di ruangan menjadi lebih cepat dan menyeluruh. Hal ini sama seperti membuka jendela, maka dengan semakin cepat kipas dinyalakan akan semakin efektif.

5. Menyalakan lilin beraroma

Tidak hanya membuat relaksasi, lilin beraroma ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang ada di dapur.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Tak Terduga Jika Menaruh Cuka Disamping Kompor
Cara Sederhana Makan Sehat dan Mengenyangkan, Cocok untuk Anak Kos

Kamu bisa memilih jenis aroma lilin yang paling kamu suka, seperti lavender, kopi, lemon dan sebagainya. Lalu nyalakan lilin sebelum memasak sampai setelah memasak ikan.

Demikian tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau ikan di dapur setelah menggoreng ikan. Selamat mencoba Sobat Agri!

Video Terkait