Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini Kehebatan Kacang Hijau bagi Tubuh

Ilustrasi kacang hijau. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Sabtu, 30 April 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Kacang hijau seringkali dijadikan sebagai sarapan atau camilan di sore hari dalam bentuk bubur dengan kuah gula merah dan santan. Biasanya, kacang ini juga dijadikan sebagai isi makanan onde-onde atau bakpia.

Melansir sejumlah sumber, kacang hijau yang bernama ilmiah Vigna radiata L ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Makanan ini memang tumbuh subur di Tiongkok, Asia Tenggara hingga Amerika Selatan.

Kacang hijau mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat dan serat. Selain itu juga mengandung karoten, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin C, kalsium, fosfor, besi, kalium dan zinc.

Kandungan di dalamnya dapat menjadikannya makanan dengan kandungan mineral terbaik di antara kacang-kacangan sejenisnya. Pasalnya, kacang hijau juga mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh.

Berikut ini manfaat kacang hijau untuk tubuh:


Menurunkan kolesterol

Manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah menurunkan kolesterol. Zat antioksidan di dalamnya dapat membantu menurunkan kolesterol serta low density lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Adapun manfaat lainnya yaitu untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan vitexin dan isovitexin di dalamnya dapat menghambat penyerapan kolesterol serta pembentukan jaringan lemak.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini Kehebatan Kacang Hijau bagi Tubuh
Studi: Mengenalkan Kacang Sejak Dini Bisa Cegah Alergi pada Anak

Meredakan gejala menstruasi

Siapa sangka manfaat kavang yang satu ini adalah memperbaiki perubahan hormon pramenstruasi. Si hijau ini ternyata mengandung vitamin B dan folat yang bisa meredakan gejala PMS.

Menjaga kesehatan hati

Makanan yang dikenal sebagai green gram ini ternyata dapat menurunkan risiko kerusakan pada hati. Makanan yang satu ini dapat melindungi hati dari kerusakan akibat peradangan dan penumpukan lemak.

Video Terkait