Boleh Coba, Ini 2 Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Kenyal

Ilustrasi ketupat lebaran. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 26 April 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Ketupat selalu menjadi menu yang hadir di perayaan Lebaran. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Nyatanya, membuat makanan yang satu ini terbilang susah-susah gampang. Memiliki ketupat yang enak dan kenyal pun dapat membuat nafsu makan bertambah.

Berikut ini beberapa cara untuk membuat ketupat yang enak dan kenyal:

1. Dengan rice cooker

Membuat ketupat yang enak bisa dilakukan dengan rice cooker. Cara yang satu ini dijamin cocok untuk anak kos yang tidak bisa mudik.

Bahan yang dibutuhkan adalah satu liter beras yang sudah direndam 30 menit dan dicuci. Tidak ketinggalan kulit ketupat.

Setelah beras dicuci, masukkan ke dalam kulit ketupat sebanyak 2/3 bagian saja. Beras akan mengembang dan memenuhi kulit ketupat. Setelah itu masukan ketupat ke dalam rice cooker lalu isi air sampai terendam penuh.

Nyalakan magicom dan biarkan ketupat masak selama kurang lebih tiga jam. Setelah matang, angkat dan tiriskan airnya. Kemudian tunggulah sampa dingin untuk dihidangkan.

2. Campuran air kapur

Menggunakan beras pulen dan campuran air kapur juga menjadi cara untuk membuat ketupat yang enak dan kenyal. Jenis beras disinyalir mempengaruhi rasa ketupat. Untuk mendapatkan beras pulen, rendamlah sekitar 30 menit.

Baca Juga: Boleh Coba, Ini 2 Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Kenyal
Mengintip Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Beras Cokelat

Kemudian, tuangkan 3-5 sendok makan air kampur sirih setelah beras direndam dan dicuci. Campur rata dengan beras. Nantinya, beras akan berubah warna agak kekuningan. Jadi cukup bilas sekali atau tidak sama sekali dan masukkan beras tersebut ke 2/3 bagian ketupat.

Setelah itu, masak ketupat dalam panci dan pastikan terendam seluruhnya agar matang merata. Sebaiknya masak ketika air sudah panas supaya dapat mempercepat pemasakan. Waktu yang dibutuhkan memasak ketupat dalam panci sekitar 3-5 jam hingga ketupat benar-benar matang, padat dan hasilnya empuk.

Saat sudah matang, tiriskan dan agin-anginkan supaya tidak mudah basi dan terlalu lembek.

Video Terkait