Intip Tips Membersihkan Kerang agar Tidak Bau Amis

Ilustrasi Kerang (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 25 April 2022 | 19:35 WIB

Sariagri - Kerang adalah salah satu bahan seafood yang tergolong mudah untuk diolah ketimbang bahan seafood lainnya. Sebagai hewan yang hidup di sepanjang bibir pantai, banyak pasir yang melekat pada tubuh kerang. Alhasil, membersihkan kerang dari pasir cukup menghabiskan tenaga dan waktu.

Kerang diketahui memiliki berbagai jenis dan ukuran. Umumnya kerang yang berukuran besar dan sedang perlu disikat di bagian luar. Kerang yang disikat misalnya kerang hijau besar, biasanya keluar lumut-lumutnya. Untuk kerang dara kamu disarankan untuk tidak menyikatnya.

Setelah dicuci dan disikat bersih, kamu dapat membilas kerang dengan air mengalir. Melansir dari buku '100 Resep lezat Sebar Ikan & Seafood' oleh Yuni Pradata, dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, cara membersihkan kerang yakni dengan mencucinya di air mengalir.

Proses pencucian ini dapat membantu menghilangkan sisa lumpur dan kotoran yang menempel pada daging kerang. Selanjutnya siapkan air mendidih, masukkan kerang, dan rebus sampai cangkang terbuka.

Baca Juga: Intip Tips Membersihkan Kerang agar Tidak Bau Amis
6 Kerang Laut Ini Aman Dikonsumsi dan Baik untuk Kesehatan

Merebus kerang juga dapat membantu membersihkan dan mengurangi bau amisnya.

Proses perebusan dapat dilakukan selama 15 menit. Saat merebus kerang ada baiknya kamu bisa menambahkan bawang putih atau jahe. Tujuan dari hal tersebut untuk menghilangkan bau amis kerang.

Namun kamu tidak disarankan memberikan banyak garam saat kerang direbus. Setelah kerang selesai direbus kamu bisa langsung menyaring dan menumis dengan bumbu masak sesuai selera.

Video Terkait