Minum Susu Sebelum Tidur Sebabkan Batu Ginjal? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi Susu (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Jumat, 22 April 2022 | 17:25 WIB

Sariagri - Sekarang ini banyak sekali rumor yang beredar di tengah masyarakat mengenai konsumsi susu. Mulai dari susu palsu hingga susu yang mengandung bakteri mematikan.

Namun, salah satu mitos yang kerap tersebar yaitu tentang akibat mengkonsumsi susu sebelum tidur.

Menurut dari kabar yang beredar, jika hal ini dilakukan dapat mengakibatkan seseorang terkena batu ginjal.

Lantas, apakah benar jika mengkonsumsi susu sebelum tidur dapat menyebabkan batu ginjal?

Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui senyawa baik yang terkandung didalam susu.

Susu mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh. Minuman ini kaya akan protein dengan sembilan asam amino serta mineral seperti fosfor, yodium, kalsium, kalium, dan kalsium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Susu juga kaya vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, dan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan mata, kulit, sistem imun, serta tulang dan gigi.

Tidak hanya itu, susu juga mengandung enzim-enzim yang berguna dalam metabolisme glukosa dan lemak.

Nah, lanjut ke pembahasan yang tadi, berdasarkan dari penelitian yang pernah dilakukan, tidak ada waktu yang baik maupun tidak baik dalam konsumsi susu.

Jadi mengkonsumsi susu bisa dilakukan pada waktu kapan saja. Semakin baik jika kamu minum susu pada waktu yang tepat. Konsumsi waktu di saat yang tepat adalah saat selesai beraktivitas.

Baca Juga: Minum Susu Sebelum Tidur Sebabkan Batu Ginjal? Ini Penjelasan Ahli
Ini Segudang Manfaat Minum Susu Campur Kunyit Sebelum Tidur

Hal ini karena setelah beraktivitas gula darah turun dan energi berkurang. Setelah beraktivitas otot mengalami kerusakan sehingga protein dalam tubuh berkurang.

Sementara kandungan dalam susu seperti protein, karbohidrat dan zat-zat lain yang dapat menggantikan kalori yang hilang.

Selain itu, susu juga dipercaya dapat menenangkan tubuh. Sehingga susu dapat membantu mengatasi masalah susah tidur akibat stres. Oleh karena itu minum susu justru dianjurkan sebelum tidur.

Video Terkait