Berikut Cara Mengontrol Pola Makan saat Berpuasa Menurut Ahli

Ilustrasi Anak Puasa (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 22 April 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Saat ini umat Islam di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Umat Islam diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama kurang lebih 12 jam dalam sehari selama sebulan penuh. 

Selama melaksanakan ibadah puasa, pola makan tentunya menjadi berantakan. Hal tersebut dikarenakan ketika menjalankan rutinitas selama berpuasa seringkali membuat perut ingin mengonsumsi lebih banyak makanan dibandingkan di bulan-bulan lainnya.

Perubahan pola makan seperti ini membuat kamu hanya makan makanan dua kali sehari, saat sahur dan berbuka. Hal tersebut yang akan berdampak pada penurunan berat badan.

Namun, jika kamu berpikir untuk menggantikan porsi makananmu dan mengonsumsi makanan secara berlebihan agar dapat memulihkan kondisi tubuh, itu hal yang sangat salah.

Karena saat kamu berpuasa kebutuhan kalori hariannya pun tidak berubah. Seperti yang dianjurkan oleh para ahli, jika kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500 hingga 2.500 kkal setiap harinya.

Baca Juga: Berikut Cara Mengontrol Pola Makan saat Berpuasa Menurut Ahli
Rahasia Hidup Sehat dan Semangat, Nenek 87 Tahun: Mulut Tidak Rakus

Kebutuhan ini jelas sekali harus disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan seseorang. Agar tubuh fit dan tetap produktif selama berpuasa, kamu tidak dianjurkan mengurangi atau menambah asupan kalori.

Justru, yang harus kamu perhatikan adalah asupan nutrisi agar terhindar dari permasalahan kesehatan. Adapun beberapa tips untuk memilih makanan dan minuman yang dapat menunjang produktivitas saat berpuasa adalah sebagai berikut. 

  • Hindarilah konsumsi kafein, makanan dan minuman manis secara berlebihan.
  • Sebagai pemenuhan energi, pilih makanan karbohidrat kompleks dari bahan gandum, buah-buahan seperti pisang dan umbi-umbian.
  • Untuk menghindari rasa begah, kurangi konsumsi gorengan dan santan berlebih saat berbuka puasa.
  • Agar tidak konstipasi, penuhi kebutuhan serat harian dari sayur-sayuran.
  • Supaya tidak dehidrasi saat berpuasa, penuhi kebutuhan cairan minuman delapan gelas sehari dengan membaginya jadi dua gelas saat sahur, berbuka puasa, sesudah makan, dan sebelum tidur.

Video Terkait