Buah yang Dicampur Garam Justru Semakin Manis? Berikut Ulasannya

Ilustrasi buah dengan garam. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Jumat, 22 April 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Lreatiitas seseorang tidak hanya pada prakarya tetapi juga makanan. Tidak sedikit orang yang suka mencampurkan garam pada buah-buahan yang dimakannya.

Melansir Hunker, garam dapat meningkatkan rasa manis. Monell Chemical Center menunjukkan bahwa manusia memiliki sel-sel pengecap di indera perasa yang ekstra sensitif terhadap rasa manis. Mereka disebut sebagai sel rasa yang peka terhadap manis.

Sel-sel ini memiliki molekul yang disebut sensor. Ketika gula hadir dengan sendirinya, sensor mendeteksi rasa manis. Sel juga memiliki sensor mendeteksi garam. Ketika garam hadir, sensor tersebut bereaksi dengan memasukkan gula ke dalamnya. Hasilnya, rasa manis menjadi lebih kuat.

Garam dan buah sering dipasangkan bersama dalam banyak masakan dengan berbagai cara. Di Filipina misalnya, mangga secara tradisional dinikmati dengan terasi super asin. Di Meksiko, seseorang akan menaruh buah-buahan di cangkir lalu dibumbui dengan garam, bubuk cabai dan air jeruk nipis.

Baca Juga: Buah yang Dicampur Garam Justru Semakin Manis? Berikut Ulasannya
Manfaat Buah Kiwano, Buah yang Ada di Film Avengers

Sementara itu, di Italia juga terdapat prosciutto e melone atau irisan melon matang yang dibungkus dengan ham prosciutto asin.

Secara umum, garam dapat bekerja dengan baik untuk buah-buahan berair. Buah-buahan yang cocok dengan garam seperti persik, nektarin, plum, semangka, blewah, stroberi, mangga dan nanas.

Selain garam, buah-buahan tersebut juga dapat ditambahkan dengan lada hitam atau bubuk cabai.

Video Terkait