5 Cara Menyimpan Susu di Lemari Es agar Tidak Cepat Basi

Susu sapi segar. (Pixabay)

Editor: Putri - Rabu, 20 April 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Suhu di dalam lemari es bisa tidak konsisten dari waktu ke waktu. Sama seperti oven, lemari es dapat memiliki titik panas dan titik dingin. Hal ini mempengaruhi kualitas dan ketahanan makanan dan minuman.

Tempat terburuk perubahan suhu? Tentu saja pintu lemari es. Hal tersebut dikarenakan area tersebut adalah tempat terhangat di lemari es.

Pikirkan saja: Setiap kali kamu membuka pintu lemari es, kamu mengambil semua makanan atau minuman yang disimpan di pintu lemari es ke ruang yang kemungkinan paling panas di rumah. Hal tersebut dapat membuat makanan berisiko basi atau busuk, terutama susu dan krim.

Agar susu tidak cepat basi dan tetap berkualitas baik, berikut tips penyimpanannya di lemari es.

1. Taruh di Paling Belakang

Simpanlah susu di bagian belakang lemari es, tepatnya di rak bagian tengah atau bawah. Ketika panas naik, rak bagian atas mungkin beberapa derajat lebih hangat daripada rak bawah.

Sementara di bagian pintu, ini adalah tempat yang tepat untuk menyimpan makanan yang paling tidak mudah rusak, seperti saus tomat, mustard, kecap, selai, dan minuman kemasan seperti air soda.

2. Susu Jadi Belanjaan Terakhir

Jika kamu sedang berbelanja, sebaiknya mengambil susu baru saat hendak ke kasir. Dengan cara ini, susu memiliki lebih sedikit waktu untuk terpapar udara hangat dan kecil kemungkinannya untuk memunculkan menumbuhkan bakteri berbahaya.

3. Segera Kembalikan Susu ke Lemari Es

Jangan biarkan susu berada di meja atau dapur terlalu lama. Tuang susu ke gelas atau ke makanan yang membutuhkan susu, kemudian segera masukkan kembali susu ke lemari es.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Susu di Lemari Es agar Tidak Cepat Basi
Intip Resep Iced Latte, Dijamin Gampang dan Bisa Dibuat di Rumah

4. Jangan Terlalu Lama Buka Lemari Es

Berdiri di depan lemari es dengan pintu terbuka saat mencari makanan atau inspirasi makan malam adalah berita buruk untuk semua makanan yang ada di lemari es. Buka sebentar pintu lemari es untuk mengeluarkan atau menyimpan apa yang butuhkan, lalu tutup segera. Cara ini membantu menjaga suhu tetap stabil dan aman.

5. Berlaku Juga untuk Susu Nabati

Sebelum kamu mengganti susu hewani dengan susu almond atau kedelai, ketahuilah bahwa susu nabati juga harus disimpan di lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Video Terkait