5 Makanan Ini Baik untuk Meredakan Demam

Berbagai kuah sup. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 19 April 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Demam membuatmu merasa tidak nyaman bahkan saat berusaha untuk tidur. Kombinasi menggigil dan berkeringat adalah sebuah siksaan. Tapi apa sebenarnya demam itu?

Demam adalah peningkatan sementara suhu tubuh, seringkali karena suatu penyakit. Dari virus perut hingga pilek atau flu bahkan COVID-19, demam adalah tanda umum bahwa sesuatu yang tidak biasa terjadi di tubuhmu.

"Demam adalah reaksi sistem kekebalan yang digunakan untuk melawan patogen," kata ahli gizi Heather L. Donahue.

Mengutip Eat This, Not That, berikut makanan yang baik dikonsumsi saat kamu demam.

1. Miso

Sup tradisional asal Jepang ini biasanya dibuat dengan miso gurih dan kaldu dashi. Makanan ini dikenal sebagai sup yang mengandung tahu, rumput laut, dan daun bawang.

Miso adalah sumber berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

"Makanan ini juga mengandung probiotik hidup. Dikonsumsi sebagai sup, miso membantu rehidrasi dan mengembalikan kehilangan elektrolit," kata ahli gastroenterologi Dr Will Bulsiewicz, MD.

2. Berry

Tidak mengherankan bahwa buah beri memiliki profil nutrisi yang bagus. Contoh umum adalah stroberi, raspberry, blueberry, dan cranberry. Biasanya tinggi serat dan vitamin C, buah-buahan ini memberikan banyak manfaat kesehatan.

"Warna-warna indah dari buah beri disebabkan oleh senyawa tanaman yang disebut anthocyanin yang telah menunjukkan manfaat melawan virus pernapasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Dr. Bulsiewicz.

Konsumsi minuman cranberry rendah kalori dapat mengurangi gejala yang dapat ditimbulkan oleh pilek atau flu.

3. Mangga

Saat suhu tubuh kita meningkat, kita membakar lebih banyak kalori saat demam. Kamu hampir tidak lapar bahkan jika memiliki gejala lain seperti sakit tenggorokan, minum atau makan apa pun terasa sakit.

Tetapi ketika demam, tetap terhidrasi sangat penting. Buah-buahan seperti mangga sangat direkomendasikan karena kandungan airnya yang tinggi.

Buah mangga juga merupakan sumber vitamin C yang signifikan karena mudah dicerna. “Buah sulit dicerna karena seratnya. Dan ketika kita demam, biasanya kita juga mengalami masalah perut,” kata ahli gizi Heather L. Donahue.

Buah-buahan lunak seperti mangga mudah untuk sistem pencernaan dan akan membuatmu terhidrasi, yang mana dibutuhkan tubuh.

4. Sup Ayam

Sup ayam menjadi makanan pokok bagi banyak orang saat sakit. Terlepas dari kehangatan dan rasa yang menenangkan, ada alasan mengapa banyak ahli merekomendasikannya.

Ketika ada infeksi, pirogen (bahan kimia dalam darah) dilepaskan di mana sistem kekebalan telah mengidentifikasi patogen potensial. Pirogen merangsang hipotalamus untuk meningkatkan suhu dalam tubuh.

Otot mulai menggigil untuk menghasilkan panas dan menghangatkan tubuh. Proses ini membutuhkan energi dan sup ayam akan memberi cairan untuk membantu rehidrasi tubuh. Protein dari ayam akan memberi dorongan energi yang dibutuhkan tubuh.

5. Makanan Kaya Serat Tidak Larut

Selain pilek, sakit tenggorokan, dan demam, pencernaan makanan juga bisa menjadi masalah saat kita sakit. Makan serat yang tidak larut dapat membantu buang air besar dan meringankan peradangan dan mengatasi infeksi virus dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Baik untuk Meredakan Demam
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

Jenis makanan kaya serat tidak larut terbaik adalah sayuran seperti kembang kol. Sayuran ini menyediakan antioksidan yang membantu melawan infeksi virus dan efek peradangan yang disebabkan oleh virus.

"Lebih sedikit protein yang rusak dan lebih sedikit kerusakan DNA berarti lebih sedikit pirogen yang akan diproduksi dan memberikan efek penurunan suhu," kata Dr. Maguire.

Video Terkait