Antisipasi Makanan Kadaluwarsa, Petugas Gabungan Gelar Razia Parcel

Razia Makanan Kadaluarsa. (Sariagri/Aji Dewanto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 14 April 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Untuk mengantisipasi peredaran makanan kadaluwarsa jelang hari raya Idul Fitri, petugas gabungan di Kota Salatiga menggelar razia makanan yang dipajang di Citywalk Ada Baru dan parcel lebaran, Kamis (14/4/2022).

Dalam razia tersebut petugas mendapati makanan kemasan yang telah habis masanya alias kadaluwarsa. Makanan dalam bentuk coklat tabur itu ditemukan beberapa bungkus ukuran kecil.

"Selanjutnya, makanan yang kita sita dibawa ke kantor sebagai barang bukti selanjutnya dimusnahkan," kata Kasi Penyidikan Satpol-PP Salatiga, Suryananto ditengah kegiatan razia.

Dalam razia yang melibatkan TNI/Polri serta Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga itu, juga menemukan roti potong yang terlambat sehari. Serta, minuman yang tersimpan di lemari pendingin nyaris 'expired date' empat hari lagi.

Untuk minuman yang akan segera berakhir masa berlakunya, petugas mengingatkan pihak penanggung jawab agar berkoordinasi dengan distributor untuk segera ditarik dan tidak lagi dipajang.

"Semestinya toleransi waktu sebulan sebelum  'expired date' atau masa kedaluwarsa berakhir. Kalau sudah mendekati 4 jelang kedaluwarsa harusnya sudah tidak dipajang lagi," tandas dr Erna W Utami, dari Dinas Pangan Dan Pertanian Kota Salatiga.

Tidak hanya makanan kadaluwarsa yang dipajang, parcel lebaran pesanan juga menjadi sasaran razia,  petugas membongkar parcel lebaran yang telah dibungkus rapi di tempat.

Baca Juga: Antisipasi Makanan Kadaluwarsa, Petugas Gabungan Gelar Razia Parcel
Pemkot Mojokerto Temukan Makanan Parcel Tidak Cantumkan Label Kadaluarsa



"Kita izin untuk membongkar parcel yang telah dikemas petugas Toko Ada Baru Salatiga ini. Pembongkaran dilakukan untuk memastikan apakah barang yang dikemas layak konsumsi atau tidak," kata Kasi Penyidikan Satpol-PP Salatiga,  Suryananto ditengah kegiatan razia.

Dibantu petugas lainnya, parcel dibongkar untuk mengetahui tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan masing-masing makanan yang dibungkus. Secara keseluruhan, waktu kedaluwarsa di dalam setiap parcel masih cukup panjang serta layak konsumsi. 

 

Video Terkait