Jangan Berlebihan! Ini Batas Maksimal Penggunaan Minyak Goreng dalam Sehari

Ilustrasi menuang minyak goreng (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 12 April 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Minyak goreng menjadi salah satu bahan sembako yang amat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, hampir kebanyakan menu makanan diolah dengan cara digoreng. Terlebih lagi pola hidup tidak sehat yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

Namun perlu diketahui, penggunaan atau pengolaha makanan dengan menggunakan minyak goreng, justru akan menambah kadar kolesterol dalam darah.

Oleh karena itu, bagi Sobat Agri yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, penyakit jantung sebaiknya mengatur kadar kolesterol yang dikonsumsi. Hal ini menjadi penting untuk diketahui, agar kita bisa membatasi penggunaan minyak goreng demi kesehatan tubuh.

Lantas yang menjadi pertanyaan besar, berapa batas maksimal penggunaan minyak goreng, yang bisa dipakai dalam sehari?

Dijelaskan oleh Ahli Gizi dr. Pooja Malhotra, secara umum tubuh cukup membutuhkan 4 sendok teh (sdt) minyak dalam sehari. Hal ini karena makanan lain yang dikonsumsi mengandung lemak juga, sama dengan minyak goreng.

"Selain dari minyak goreng, lemak juga bisa berasal dari susu, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, ayam, makanan laut, atau daging. Makanya, minyak goreng yang diperlukan tubuh maksimal 4 sdt per hari," kata dr. Pooja dalam laman Doctor NDTV, dikutip Selasa (12/4/2022).

Lebih lanjut, Ahli Gizi Neha Chandna juga mengatakan bahwa takaran maksimal 4 sendok teh per hari itu berlaku untuk pria maupun wanita dewasa. Namun, jumlah ini tentu bisa berbeda tergantung pada kondisi kesehatan tertentu dan pada mereka yang sedang mengontrol asupan minyak dalam tubuh.

"Kalau lagi proses penurunan berat badan, jumlah maksimalnya menjadi 3 sdt per hari. Pada orang dengan masalah jantung, asupan minyak goreng per hari maksimal 2 sdt," tambahnya di laman The Health Site.

Sementara bagi anak-anak, ternyata asupannya lebih tinggi yaitu 5 sdt per hari.

"Namun, jika si anak usianya sudah 9 tahun ke atas, asupannya akan sama dengan orang dewasa menjadi 4 sdt per hari," sambungnya.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Ini Batas Maksimal Penggunaan Minyak Goreng dalam Sehari
Para Ahli Menyebutkan, Minyak Goreng Ini Paling Buruk untuk Kesehatan Jantung

Masih mengenai minyak goreng, Neha juga memberikan beberapa tips dalam penggunaan minyak yang bisa Sobat Agri terapkan, diantaranya:

1. Cara utama dan terbaik untuk mengurangi asupan minyak adalah dengan mengganti cara mengolah makanan. Jika selama ini kamu menggunakan metode menggoreng, sekarang saatnya mengubah ke metode lain seperti memanggang, merebus atau mengukus.
2. Tidak hanya dari asupan minyak goreng, kamu juga bisa mengandalkan lemak dari sumber lain, yang juga mengandung lemak baik seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
3. Terakhir adalah selalu ingat, jangan mengonsumsi minyak goreng lebih dari 4-5 sdt dalam sehari. Sebab ini dapat menyebabkan masalah jantung dan beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Video Terkait