5 Manfaat Sup untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi sup ayam. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 12 April 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Sup adalah makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ketika ada banyak varian sup untuk dinikmati, mengapa tidak menambahkan makanan ini ke rutinitas mingguan?

Menurut Iowa State University, peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sup memiliki skor kualitas diet yang lebih tinggi daripada orang yang tidak. Pemakan sup memiliki asupan serat, vitamin A, magnesium, zat besi, dan kalium yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, mereka yang mengonsumsi sup mendapat lebih banyak porsi sayuran, terutama sayuran hijau, sayuran oranye, dan kacang-kacangan.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat semangkuk sup untuk kesehatan.


1. Miliki Banyak Nutrisi

Cara sup disiapkan membantu menjaga nilai gizi dalam kaldu bahkan setelah dimasak. Makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan protein.

Sup yang dibuat dengan kacang-kacangan dan daging tanpa lemak memberikan protein tanpa lemak. Sementara kacang-kacangan memberi kamu serat yang melancarkan pencernaan.

Sayuran dalam sup mengandung banyak vitamin, seperti A dan C. Sementara cream soup, memberikan kalsium dan vitamin D.

2. Baik untuk Pencernaan

Sebagian besar varian sup memiliki sayuran berserat, kacang-kacangan, lentil, dan daging yang semuanya berguna melancarkan pencernaan.

Makan makanan kaya serat membantu kelancaran pencernaan dan juga meningkatkan sensitivitas insulin. Kaldu tulang di sebagian besar sup juga membantu menyembuhkan usus, membuat pencernaan lebih mudah.

3. Rendah Kalori

Saat memilih sup sebagai menu makanan, kemungkinan besar kamu akan makan lebih banyak namun juga lebih rendah kalori. Sup memberikan rasa kenyang yang tinggi dengan kalori lebih sedikit daripada kebanyakan makanan.

Para peneliti dari Oxford Brookes University, Inggris, menemukan bahwa sup yang lembut menyebabkan rasa kenyang yang lebih besar dibandingkan dengan makanan padat.

Semangkuk sup menyediakan aksesibilitas nutrisi yang cepat, menyebabkan respons glikemik yang lebih besar. Singkatnya, sup akan membuat kamu kenyang lebih lama, membuat perut tetap kenyang, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Sup dapat membantu melawan pilek dan flu, bahkan sangat baik untuk saat-saat ketika benar-benar sakit. Kebanyakan sup memiliki nutrisi penangkal penyakit.

Khususnya sup ayam, membantu mencegah flu terutama jika terdapat bawang putih segar, bawang bombay, seledri dan wortel.

Kaldu yang bernutrisi meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya vitamin dan mineral penting. Selain itu, sup aya cuma mampu rehidrasi tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Sup untuk Kesehatan Tubuh
Bantuan Sosial Berupa Ayam Hidup Ramaikan Cianjur

Makanan ini juga mudah dicerna sehingga cocok buat kamu yang sedang sakit tenggorokan atau nafsu makan yang buruk.

5. Tidak Mahal dan Mudah Dibuat

Sup tidak membutuhkan banyak waktu dalam proses pengolahannya. Jika kamu menggunakan slow cooker atau pressure cooker, kamu dapat menyiapkan sup gurih dalam waktu lima menit.

Jika kamu menambahkan lebih banyak kuah dan sayuran, kamu dapat menggunakan lebih sedikit bahan mahal, seperti ayam, ikan, dan daging sapi.

Video Terkait