4 Bahan Makanan Ini Mudah Diolah dan Pas untuk Santap Sahur

Ilustrasi menu makanan dari telur. (Pixabay)

Editor: Putri - Senin, 11 April 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Sahur dan buka puasa adalah momen yang pasti dilalui oleh umat Islam selama Ramadan. Sahur merupakan waktu makan sebelum matahari terbit. Setelah itu, tidak ada satu pun makanan atau setetes air pun yang bisa masuk ke mulut orang yang berpuasa.

Hal ini membuat sahur penting untuk mengawali puasa. Apa yang masuk dikonsumsi seharusnya bisa menopangmu sepanjang hari. Namun kadang, beberapa di antara kalian mungkin terlalu mengantuk untuk sahur dan justru melewatinya.

Jangan lewati terus-terusan lewati sahur. Mengutip berbagai sumber, berikut bahan makanan yang mudah diolah untuk menu sahur. 

1. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin dan nutrisi. Makan telur akan membuat kamu merasa kenyang. Ada banyak cara untuk mengonsumsi menu telur. Pengolahannya pun mudah dan dijamin tidak membuat kamu lelah dan kembali semangat makan sahur.

Kamu bisa membuat telur dadar atau juga bisa membuatnya menjadi orak-arik. Jika tidak ingin makanan yang digoreng, kamu bisa merebusnya lalu mencampurkannya dengan salad atau menu makanan lain seperti soto. 

2. Oatmeal

Makanan kaya protein tidak hanya memiliki satu tetapi banyak manfaat. Makanan kaya protein memberi kamu banyak energi. Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera.

Kamu bisa membuat smoothie oatmeal yang dicampur dengan pisang dan susu. Menu ini akan membuat oatmeal lebih enak dan gurih. Sesuaikan hidangan sedemikian rupa sehingga rasanya enak dan memuaskan.

3. Ikan atau Ayam

Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena dapat menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng bisa membuat kamu lebih cepat haus.

Penting untuk menghindari makanan apa pun yang berpotensi membuat kamu haus nanti.  Jika ingin makan ikan, kamu bisa memasak ikan sarden.

Ayam memiliki nutrisi penghasil energi yang akan memudahkan seseorang yang berpuasa, berenergi sepanjang hari. Menu ayam dapat dipasangkan dengan berbagai sayuran.

Baca Juga: 4 Bahan Makanan Ini Mudah Diolah dan Pas untuk Santap Sahur
5 Makanan Ini Bikin Kuku Sehat dan Kuat

4. Buah dan Sayuran

Sepertinya semua orang tahu bahwa buah mengandung vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi. Selain itu, selain hanya minum air putih, seseorang perlu makan buah dan sayuran agar tetap terhidrasi.

Beberapa contoh buah yang menghidrasi adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, dan seledri. Kamu dapat membuat salad yang akan menyatukan beberapa buah dan sayuran. Dengan demikian, kamu dapat menikmati manfaat sehat dan nikmat sekaligus.

Video Terkait