5 Makanan Ini Bikin Kuku Sehat dan Kuat

Ilustrasi kacang Almond. (Unsplash)

Editor: Putri - Sabtu, 9 April 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Kuku kamu melewati banyak hal setiap hari. Sangat menyebalkan ketika kukumu yang sempurna, tiba-tiba patah setelah melakukan suatu kegiatan.

Faktor gaya hidup utama sebenarnya dapat menyebabkan semua masalah kuku, termasuk pola makan. Mengutip Good House Keeping, ahli diet Lucy Jones menjelaskan lima makanan untuk membuat kuku lebih sehat dan kuat.

1. Almond

Lucy merekomendasikan untuk mengonsumsi segenggam almond setiap hari. Almond mengandung vitamin E yang tinggi, vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku.

“Vitamin E, yang dikenal sebagai vitamin kecantikan, jelas membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan satu porsi almond (23 almond) mengandung 60 persen kebutuhan vitamin E harian Anda,” ujar Lucy.

2. Sereal Gandum Utuh

Sereal gandum utuh merupakan sumber zinc hebat. Lucy merekomendasikan untuk memulai harimu dengan sereal gandum utuh. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting.

"Kacang seperti almond kaya akan zinc, jadi camilan yang fantastis untuk dikonsumsi setiap hari, Anda juga bisa mendapatkannya dari sereal gandum utuh."

3. Telur

Protein sangat penting untuk kesehatan kuku yang baik. Lucy menjelaskan bahwa kuku juga membutuhkan asam amino untuk membuat sel berbasis protein kuat, termasuk kuku.

"Kuku terbuat dari protein yang sangat kuat yang disebut Keratin yang persis sama dengan rambut. Jadi protein sangat penting," ujar Lucy.

4. Makanan dengan Lemak Sehat

Lucy mengatakan, salah satu nutrisi penting untuk menjaga kuku tetap bagus adalah lemak. Terdapat jenis asam lemak esensial tertentu yang disebut asam linoleat, yang dapat menguatkan kuku.

"Makanan seperti ikan berminyak dapat menguatkan kuku. Tetapi Anda juga mendapatkannya di banyak minyak sehat yang kami coba tingkatkan dalam makanan kita seperti minyak zaitun, minyak lobak, alpukat dan tentu saja kacang-kacangan," jelasnya.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bikin Kuku Sehat dan Kuat
Daftar Makanan Sehat yang Bisa Kamu Stock Selama Isolasi Diri

Lucy mengatakan dia menghabiskan banyak waktunya "mencoba menarik orang kembali dari diet rendah lemak dan memastikan mereka fokus pada lemak sehat."

5. Air

Menurut Lucy, hidrasi adalah kunci untuk meningkatkan kecantikan dari dalam. Untuk kulit dan kuku, kamu harus minum delapan gelas air sehari.

Video Terkait