Jangan Terlalu Sering Minum Air Lemon, Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Ilustrasi air lemon (Pexels)

Editor: Dera - Jumat, 8 April 2022 | 18:40 WIB

Sariagri - Minum air lemon memiliki banyak manfaat kesehatan. Pasalnya, nutrisi dalam buah lemon mampu meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengobati berbagai penyakit. 

Dari sanalah lemon mulai rutin dikonsumsi, bahkan hingga setiap hari. Biasanya lemon dikonsumsi dengan cara dicampur dengan makanan seperti salad, racikan ayam hingga campuran minuman. 

Meski dinilai baik untuk tubuh, ternyata minum air lemon setiap hari bisa berbahaya untuk tubuh. Cukup dengan konsumsi secukupnya dan diminum dengan jumlah yang sedang.

Berikut bahaya minum air lemon setiap hari, seperti dilansir dari Pinkvilla.

1. Menyebabkan mual dan mulas

Buah lemon mengandung pektin yang membantu gangguan atau masalah pada pencernaan. Meski begitu air lemon mengandung asam yang tidak sedikit. Jika kamu mengonsumsi air lemon dalam jumlah banyak akan menyebabkan rasa mual dan mulas. Tentu saja kondisi tersebut akan membuat tubuhmu merasa tidak nyaman. 

2. Menyebabkan sering buang air kecil

Beberapa penelitian menunjukan bahwa air lemon mengandung tinggi asam askorbat atau vitamin C yang bersifat diuretik. Hal itulah yang mendorong produksi urin lebih banyak, dan tubuh akan membuang cairan lebih cepat. 

Kandungan asam sitrat pada lemon mampu meningkatkan volume dan pH urine, jadi kamu akan sering buang air kecil. Namun kamu perlu berhati-hati juga, karena bisa menyebabkan dehidrasi disaat yang sama. 

3. Menyebabkan sakit perut

Terlalu sering minum air lemon tentu saja akan membuat perut kamu sakit. Jika kamu memiliki komplikasi gastro, air lemon akan memburuk komplikasi gastro. Jangan sekali-kali kamu mencoba konsumsi air lemon dalam keadaan perut kosong atau menjelang waktu tidur.

Hal itu akan membuat perut sakit yang diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan. Tentu saja akan menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman atau bahkan bisa membahayakan. 

Baca Juga: Jangan Terlalu Sering Minum Air Lemon, Ini Dampaknya bagi Kesehatan
Minum Air Lemon Setiap Hari Timbulkan Efek Samping, Apa Saja?

4. Menyebabkan kerusakan pada gigi

Terlalu banyak mengonsumsi air lemon dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Air lemon dapat merusak lapisan email gigi. Hal itu disebabkan oleh kandungan asam sitrat yang ada dalam lemon.

Namun jika kamu masih mengonsumsi lemon dalam jumlah banyak, kamu bisa berkumur dan menyikat gigi setelah mengonsumsi lemon. Hal itu bertujuan agar asam tidak menempel pada permukaan gigi. 

Video Terkait