Andaliman, Merica Khas Batak yang Punya Khasiat Menakjubkan

Buah andaliman diekspor ke Jerman.(Antara/Karantina Pertanian Belawan)

Editor: Dera - Jumat, 8 April 2022 | 14:40 WIB

Sariagri - Indonesia terkenal dengan kekayaan rempahnya yang berlimpah. Tidak heran banyak negara luar yang sangat tertarik dengan Indonesia. Begitu pula dengan suku batak yang memiliki ciri khas rempahnya yaitu andaliman.

Andaliman adalah salah satu bumbu masakan wajib bagi masyarakat batak dengan cita rasa sedikit pedas. Biasanya mereka mengolahnya menjadi sambal andaliman. 

Selain di Indonesia, merica khas batak ini juga kerap dijadikan bumbu masakan India, Cina, Tibet, Nepal, dan Thailand.

Memiliki nama ilmiah Zanthoxylum acanthopodium, rempah satu ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, seng, fosfor, serta mengandung beberapa antioksidan, seperti fitosterol, terpen, dan karoten.


Berikut manfaat andaliman yang kaya akan manfaat:

Mengurangi Anemia

Tingginya kadar zat besi di dalamnya dapat membantu membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ dan jaringan, sehingga bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Memiliki kadar zinc yang tinggi membuat rempah ini berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, zinc merupakan mineral penting yang mengaktifkan sel T untuk mengontrol respon imun untuk menyerang penyebab penyakit.

Meredakan Radang Sendi dan Asam Urat

Berbagai antioksidan dan asam organik seperti pitosterol dan terpen yang terkandung di dalamnya memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh. Karena sejatinya peradangan adalah hasil dari stres oksidatif yang disebabkan oleh aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Senyawa yang terdapat dalam lada batak dapat menetralkan radikal bebas, sehingga menghentikan peradangan.

Mencegah Penyakit Kronis

Antioksidan yang terdapat pada lada batak ini dapat membantu mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat paparan stres oksidatif yang terlalu tinggi di dalam tubuh.

Baca Juga: Andaliman, Merica Khas Batak yang Punya Khasiat Menakjubkan
Kapulaga, Rempah Ajaib yang Bisa Cegah Kanker

Biasanya stres oksidatif merupakan penyebab penyakit kronis berdatangan mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, sakit maag, penyakit alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, hingga menyebabkan penuaan.

Menguatkan Tulang

Ada beberapa mineral penting yang ditemukan dalam jumlah kecil di andaliman. Beberapa di antaranya adalah fosfor, mangan, tembaga, dan besi. Semua ini diperlukan untuk membangun tulang yang kuat dan mencegah gangguan tulang terkait usia, seperti osteoporosis. 

Video Terkait