Ini 5 Makanan Pengganti Nasi saat Sahur

Ilustrasi makanan pengganti nasi. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 10 April 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Menu nasi tidak melulu harus disajikan ketika sahur. Meski banyak orang tidak bisa makan tanpa nasi, faktanya tidak sedikit orang menghindari nasi karena alasan tertentu.

Ketika puasa, seseorang membutuhkan energi lebih untuk melakukan aktivitas. Sumber energi itu didapatkan dari asupan makanan ketika sahur. 

Mungkin banyak orang yang takut tidak kuat menjalankan puasa jika tidak mengonsumsi nasi ketika sahur. Melansir sejumlah sumber, terdapat beberapa pengganti nasi yang bisa dikonsumsi saat sahur:

1. Kentang

Kentang bisa menjadi makanan pengganti nasi ketika sahur. Kentang mengandung kalori, serat, potasium, karbohidrat, magnesium, folat, vitamin C dan B6. Makan kentang sebagai pengganti nasi dapat menjaga kesehatan pencernaan.

2. Oatmeal

Oatmeal termasuk makanan pengganti nasi ketika sahur. Oatmeal kaya akan serat, vitamin, antioksidan dan mineral. Makanan yang satu ini juga dapat mengenyangkan lebih lama.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Pengganti Nasi saat Sahur
5 Cara Membuat Kolak Pisang, Cocok untuk Takjil Buka Puasa

3. Roti gandum

Roti gandum juga dapat menjadi makanan pengganti nasi saat sahur. Kandungan protein dan serat roti gandum lebih tinggi daripada roti tawar biasa.

4. Jagung

Jagung merupakan makanan pengganti nasi saat sahur. Untuk menu sahur, jagung dapat direbus atau kukus. Selain itu jagung juga bisa dicampurkan dengan beras.

5. Ubi

Ubi juga termasuk makanan pengganti nasi saat sahur. Ubi dapat disajikan dengan dikukus atau direbus.

Video Terkait