3 Resep Minuman Timun Suri Ini Cocok untuk Berbuka Puasa

Ilustrasi minuman timun suri. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 7 April 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Timun suri dapat dibuat dalam beraneka ragam minuman dingin yang cocok dinikmati saat berbuka puasa. Selain menyegarkan, timun suri juga kaya gizi.

Timun suri mengandung vitamin K, A, B dan C. Timun suri pun mengandung magnesium, mangan dan kalium. Selain itu timun suri juga mengandung air yang cukup tinggi.

Melansir sejumlah sumber, berikut resep minuman buah timun suri yang menyegarkan untuk berbuka puasa. 

1. Es Timun Suri Susu

Resep minuman timun suri salah satunya adalah es timun suri susu. Minuman yang satu ini akan menjadi pembuka puasa yang nikmat terlebih di cuaca yang terik.

Pertama-tama, siapkan bahan untuk membuah kuah susu. Bahannya terdiri dari susu kental manis setengah kaleng, 100 gram gula pasir, santan 65 mililiter, tepung maizena satu sampai dua sendok makan dan 700 ml air putih.

Kemudian sediakan bahan selanjutnya yaitu 1 kilogram timun suri, dua bungkus jeli atau agar-agar rasa kelapa, 120 gr gula pasir, 800 mililiter air putih. Setelah itu, sediakan satu bungkus jeli warna merah, 100 gram gula pasur dan 700 ml air bersih. Jangan lupa es batu secukupnya.

Pertama, masukkan 1/2 kaleng susu kental manis, 65 ml santan, 100 gr gula pasir dan 700 ml air putih. Masaklah di api sedang kemudian campurkan maizena dengan 4 sendok makan air putih untuk mengentalkan kuah susu. Tunggu kuah susu hingga mendidih lalu angkat dan dinginkan.

Langkah berikutnya adalah membuat jeli kelapa dan jeli merah. Pertama buat jeli kelapa terlebih dahulu dengan memasukkan dua bungkus jeli kelapa ke dalam wajan yang ditambahkan dengan 120 gr gula pasir dan 800 ml air putih.

Aduk hingga mendidih, angkat lalu dinginkan. Lakukan cara yang sama untuk agar-agar merah.

Setelah semua bahan siap, potonglah timun suri, jeli kelapa dan jeli merah menjadi kotak-kotak. Siapkan wadah, masukan potongan timun suri, jeli kelapa dan jeli merah, lalu campurkan dengan kuah susu. Tambahkan es batu agar lebih segar.

2. Es Timun Suri Selasih

Resep minuman timun suri berikutnya adalah es timun suri selasih. Bahan-bahan yang harus disediakan adalah satu buah timun suri, dua sendok makan selasih, sirup secukupnya, air secukupnya dan es batu.

Pilihlah timun suri yang sudah matang kemudian serut dengan sendok. Kemudian siapkan selasih jika memiliki selasih kering, rendamlah dengan air.

Siapkan wadah yang sudah diisi dengan sirup dicampur air. Kemudian, campurkan timun suri dan selasih ke dalam sirup di wadah. Jangan lupa tambahkan es batu supaya lebih segar. Es timun suri selasih pun siap dinikmati saat berbuka puasa.

3. Es Timun Suri Cincau

Bahan yang perlu disediakan untuk resep ini adalah satu buah timun suri, sebungkus cincau hitam yang dipotong kotak-kotak, 800 mililiter air, garam secukupnya, gula pasir secukupnya dan es batu.

Baca Juga: 3 Resep Minuman Timun Suri Ini Cocok untuk Berbuka Puasa
Apa Manfaat Meletakkan Timun di Mata? Simak Penjelasannya

Cara membuatnya, potong dadu timun suri yang sudah dicuci bersih. Kemudian masukkan air ke dalam wadah, tambahkan dengan gula pasir dan garam, lalu aduk hingga merata. Campurkan timun suri dan cincau ke dalam larutan tersebut.

Simpanlah di kulkas selama dua jam. Jelang buka puasa, keluarkan dan tambahkan es batu. Es timun suri cincau pun siap dinikmati.

Video Terkait