Perhatikan! Ini Efek yang Timbul Jika Konsumsi Teh Setelah Makan Sahur

Ilustrasi teh kembang sepatu. (Foto: Unsplash)

Editor: M Kautsar - Selasa, 5 April 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Teh manis telah menjadi minuman yang dicintai oleh masyarakat Tanah Air, baik dalam kondisi hangat maupun dingin. Banyak orang menjadikan teh manis sebagai minuman penutup setelah makan besar. Kebiasaan ini pun kerap terbawa saat memasuki bulan puasa, khususnya pada waktu sahur.

Kendati demikian, mengonsumsi teh manis sesaat setelah sahur justru sama sekali tidak disarankan. Meminum teh sesaat setelah makan bisa berakibat buruk karena dapat menghambat penyerapan nutrisi penting dalam sistem pencernaan.

Seperti yang dilansir Asking Lot, daun teh memiliki sifat asam sehingga dapat memengaruhi proses pencernaan. Jika seseorang mengonsumsi protein dalam makanan mereka, sifat asam dari teh akan mengeraskan kandungan protein. Akibatnya, kualitas unsur nutrisi yang ada dalam makanan menurun dan tubuh tidak dapat mencernanya dengan baik.

Selain itu, teh merupakan jenis minuman yang mengandung kafein. Kandungan kafein di dalam teh dapat menimbulkan efek diuretik. 

Diuretik sendiri bertugas membantu ginjal dalam mengeluarkan garam dari tubuh. Sementara itu, garam di dalam tubuh sangat menyukai air. Sehingga saat terjadi diuretik, cairan (garam dan air) di dalam tubuh akan ditarik untuk dikeluarkan bersama urine.

Dengan begini, kebiasaan mengonsumsi teh manis setelah sahur dapat meningkatkan intensitas seseorang untuk buang air kecil, mengakibatkan mereka lebih rentan merasa haus. Padahal, sangat dianjurkan bagi orang yang berpuasa untuk tetap menjaga kondisi cairan tubuh.

Lantas Bagaimana?

Mengingat masyarakat Indonesia sudah sangat lekat dengan hidangan teh manis. Sulit tentunya untuk menghentikan kebiasaan konsumsi teh setelah makan.

Baca Juga: Perhatikan! Ini Efek yang Timbul Jika Konsumsi Teh Setelah Makan Sahur
Minum Teh Saat Sahur Tidak Dianjurkan, Ini Penjelasan Pakar

Satu langkah yang dapat dilakukan adalah perhatikan waktu jika ingin mengonsumsi minuman ini. Jika ingin meminum teh setelah makan, seseorang bisa meminumnya 30 sampai 45 menit setelah selesai makan.

Namun, waktu terbaik minum teh untuk mendapatkan manfaat maksimal adalah dua jam sebelum atau sesudah makan. Nikmati secangkir teh pada waktu yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal dari mereka.