5 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Ilustrasi perawatan rambut. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 5 April 2022 | 19:20 WIB

Sariagri - Banyak orang menginginkan rambut yang kuat dan sehat, terutama seiring bertambahnya usia. Menariknya, rambut kamu tumbuh sekitar 1,25 cm per bulan dan 15 cm per tahun. Seberapa cepat tumbuh tergantung pada faktor-faktor seperti usia, kesehatan, genetika dan makanan yang dikonsumsi.

Meskipun tidak dapat mengubah faktor-faktor seperti usia dan genetika, makanan adalah satu hal yang dapat kamu kendalikan. Padahal, mengonsumsi makanan yang kurang nutrisi yang tepat bisa menyebabkan rambut rontok.

Berikut 5 makanan terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Makan protein cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang kekurangan biotin.

2. Berry

Buah berry sarat dengan senyawa dan vitamin bermanfaat yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin ini termasuk vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul-molekul ini ada secara alami di dalam tubuh dan lingkungan.

Selain itu, tubuh menggunakan vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein yang membantu memperkuat rambut agar tidak rapuh dan patah.

Terlebih lagi, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia, yang telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Vitamin A membantu kelenjar kulit memproduksi sebum. Zat berminyak ini membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat. Secangkir bayam menyediakan hingga 54 persen kebutuhan vitamin A harian.

Sayur bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang bagus, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang hebat. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang terkait dengan kesehatan rambut. Ubi jalar berukuran sedang (sekitar 114 gram) mengandung cukup beta-karoten untuk menyediakan lebih dari empat kali kebutuhan vitamin A harian.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A meningkatkan produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Terlebih lagi, vitamin A juga dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sekaligus mencegah folikel rambut lainnya mengalami kemunduran.

5. Tiram

Tiram adalah salah satu sumber makanan seng terbaik. Seng adalah mineral yang membantu mendukung siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Kurangnya seng dalam makanan dapat meningkatkan telogen effluvium, bentuk kerontokan rambut yang umum disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam makanan.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Selain Berjemur, Berikut 3 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen seng dapat membalikkan efek kerontokan rambut yang disebabkan oleh kekurangan seng.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak seng juga bisa memicu kerontokan rambut. Itu sebabnya mendapatkan seng dari makanan seperti tiram mungkin lebih baik daripada mengonsumsi suplemen, karena makanan menyediakan seng dalam dosis kecil namun sehat.