Agar Tak Cepat Haus, Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini saat Sahur

Makanan cepat saji. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 4 April 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Selama Ramadan, penting untuk memerhatikan asupan apa saja yang dikonsumsi saat sahur. Apalagi dalam keadaan puas, kita masih melakukan aktivitas seperti biasa.

Perlu diketahui bahwa ada makanan yang memberikan efek haus. Oleh sebab itu, disarankan agar saat sahur menghindari konsumsi makanan atau minuman berikut ini.

Mengutip berbagai sumber, berikut makanan yang harus dihindari saat sahur.

1. Bit

Bit memiliki sifat diuretik. Meskipun memakannya dalam jumlah sedang kemungkinan tidak akan membuatmu dehidrasi, sayuran berwarna ungu ini tinggi potasium, yang membantu menghilangkan cairan dalam tubuh.

2. Kecap Asin

Makanan asin lainnya yang sering diabaikan orang adalah kecap asin. Bumbu sushi yang populer mengandung 879 mg sodium per porsi, sehingga dapat dengan mudah mencapai kuota garam harian.

Mengonsumsi terlalu banyak garam tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga menempatkanmu pada risiko tekanan darah tinggi.

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng adalah sumber garam yang tersembunyi. Ketika kamu memasangkannya dengan bumbu manis, makanan tersbeut menjadi duo penyebab dehidrasi. Jika terpaksa mengonsumsinya saat sahur, pastikan untuk mengonsumsi air.

4. Asparagus

Asparagus membuat kamu lebih sering buang air kecil. Menurut sebuah penelitian di West Indian Medical Journal, asam amino dalam asparagus dapat menyebabkan tubuhMU melepaskan air.

Sebenarnya tidak harus benar-benar berhenti mengonsumsinya, karena asparagus juga adalah sumber serat. Mungkin lebih bisa sedikit dibatasi.

5. Soda

Menyeruput soda mungkin tampak menyegarkan. Tetapi penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa gula dalam minuman ringan dapat memiliki efek hipernatremik pada tubuh. Artinya, tubuh benar-benar menarik air dari jaringan dan menghabiskan cairan tubuh.

Selain itu, kafein dalam soda bertindak sebagai diuretik ringan dan menyebabkan lebih sering buang air kecil. Sebuah studi dari PLOS One juga menunjukkan bahwa minum minuman berkarbonasi dingin dapat memberi kesan yang salah bahwa itu menghidrasi padahal, sebenarnya, itu merampas H2O.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Haus, Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini saat Sahur
Tidak Hanya Kopi, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Melek

6. Jus Buah Instan

Jus buah buatan sendiri masih aman dan tergolong minuman sehat. Selain itu, jus buatan sendiri membantu mengurangi dehidrasi.

Tetapi, jenis jus buah instan yang beredar dipasaran, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur. Hal ini karena meski memberi energi untuk tubuh, kadar gulanya tinggi di dalamnya.

Video Terkait