Tidak Hanya Kopi, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Melek

Ilustrasi oatmeal (Pixabay)

Editor: Putri - Minggu, 3 April 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Saat merasa lelah, hal pertama yang dilakukan banyak orang adalah konsumsi kafein. Apalagi dengan adanya berbagai jenis merek kopi, mudah untuk menebak mengapa kopi adalah solusi pertama yang muncul di benak.

Namun, minuman berkafein dan tinggi gula bukanlah pilihan yang paling baik. Tidak ada salahnya memilih makanan bergizi untuk mengganti konsumsi kafein.

Berikut beberapa pilihan makanan yang membuat kamu lebih berenergi dan melek selain kopi.

1. Pisang

Buah yang mengandung potasium ini sangat populer, karena rasanya enak dan mudah dijumpai. Tapi selain bisa menjadi camilan yang mudah, pernahkah kamu memikirkan manfaat energi yang bisa diberikan pisang?

Pisang dapat memberikan dorongan besar untuk otak. Banyak orang menganggap pisang sebagai cara terbaik untuk memulai hari. Namun makan satu pisang saat makan siang dapat memberi energi yang dibutuhkan untuk melewati dan menjalani sore hari.

2. Oatmeal

Oatmeal sangat cocok dipadukan dengan pisang dan merupakan pilihan sarapan yang fantastis. Oatmeal sarat dengan serat dan karbohidrat yang ketika dimakan di pagi hari, akan dilepaskan ke dalam tubuh secara perlahan di siang hari.

Jika tidak biasa makan oatmeal, cobalah sesekali. Kamu mungkin akan menyadari bahwa hari-hari mengonsumsi oatmeal lebih produktif dan terjaga dari biasanya.

3. Teh Hijau

Teh hijau memang mengandung kafein, namun hal ini bukan aspek yang memicu energi yang kamu terima. Sebaliknya, asam amino L-theanine pada teh hijau yang menenangkan pikiran tanpa membuat kamu mengantuk.

Asam amino yang ada dalam teh hijau dapat berdampak positif pada otak. Cobalah teh hijau sebagai pengganti kopi.

4. Permen Karet

Proses mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan rasa lelah. Siapa pun yang pernah berbelanja permen karet di supermarket tahu bahwa ada berbagai macam rasa dan merek yang tersedia.

Mulai dari permen karet yang mengandung vitamin, kafein, atau yang diklaim memiliki manfaat untuk gigi. Dari berbagai klaim ini, senang mengetahui bahwa permen karet apa pun yang kamu pilih, proses mengunyahnya akan meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: Tidak Hanya Kopi, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Melek
Wajib Diperhatikan Nih! Usai Vaksin COVID-19, Ini Makanan dan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

5. Almond dan Walnut

Sering diakui sebagai dorongan besar untuk otak, kacang-kacangan ini sarat dengan Omega-3 tingkat tinggi. Untuk alasan yang sama seperti permen karet, kacang-kacangan ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kewaspadaan.

Dengan manfaat kesehatan yang luar biasa ini, kamu bisa langsung membeli almond dan kenari yang tersedia di berbagai toko. Kemudian menjadikannya camilan yang mudah dibawa ke mana-mana.

Video Terkait