Murah Meriah, Ini Sayuran Paling Sehat Menurut Ahli Gizi

Ilustrasi Terong. (Foto: Unsplash)

Editor: Dera - Sabtu, 2 April 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Sayuran dikenal dengan kandungan vitaminnya yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan banyak penelitian mengaitkan manfaat peningkatan asupan sayuran dengan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes dan kanker. 

Meski pada dasarnya semua sayuran itu menyehatkan, namun ada beberapa sayuran yang bisa menjadi rekomendasi camilan sehat kamu dan bisa dikonsumsi setiap hari. 

Melansir Healthline, berikut sederet  sayuran paling sehat yang murah dan mudah ditemukan. 

Tomat

Banyak ahli gizi menganggap tomat sebagai sayuran dan buah-buahan. Tomat mengandung likopen yang membuat salad ini berwarna merah kemerahan. Penelitian telah menunjukkan bahwa likopen mendukung kesehatan pembuluh darah dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Sementara mengonsumsi tomat mentah dapat menyediakan likopen, memasaknya juga dapat meningkatkan bioavailabilitas antioksidan yang kuat ini. 

Wortel

Wortel penuh dengan fitokimia seperti beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A, yang membantu penglihatan, terutama di malam hari.

Studi juga mencoba mengaitkan konsumsi makanan mengandung karotenoid, seperti wortel dapat menurunkan risiko kanker payudara. Wortel juga mengandung vitamin K, C serta potasium dan serat. 

Baca Juga: Murah Meriah, Ini Sayuran Paling Sehat Menurut Ahli Gizi
4 Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Agar Usus Sehat

Brokoli

Brokoli mendapat reputasi yang sehat karena rendah kalori dan tinggi nutrisi mikro, termasuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin K. Brokoli juga mengandung fitokimia sulforaphane yang dapat membantu mencegah kanker. 

Terong

Jika kamu pernah mengikuti diet Mediterania, kamu pasti tahu betapa lezat dan serbagunanya terong. Terong juga merupakan sayuran yang mudah beradaptasi yang dapat menyerap rasa apa pun yang ada di hidangan kamu. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa terong mengandung senyawa kardioprotektif untuk jantung yang lebih sehat.

Video Terkait