5 Tips Menyimpan Bawang Merah agar Tidak Cepat Busuk

Ilustrasi - Bawang merah.(Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 2 April 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Menurut National Onion Association (NOA), bawang merah paling baik disimpan di ruangan yang sejuk, kering, gelap dan berventilasi baik. Dapur atau ruang bawah tanah adalah tempat yang terbaik.

Hal tersebut dikarenakan bawang merah mudah menyerap kelembapan. Jika suhu atau kelembapan terlalu tinggi, bawang merah akan mulai bertunas atau membusuk.

Satu studi menemukan bahwa menyimpan bawang merah pada 4-10 derajat Celsius sangat ideal. Pada suhu ini, bawang merah paling baik mempertahankan karakteristiknya.

Penting juga untuk memastikan ventilasi yang tepat untuk mencegah bawang merah membusuk. Keranjang terbuka, tas jaring, atau kantong bahan stoking bisa digunakan.

Mengutip Healthline, berikut tips menyimpan bawang merah agar tidak cepat busuk.

1. Hindari Menyimpan Utuh di Kulkas

Bawang merah paling baik disimpan di tempat yang sejuk namun kering, gelap, dan berventilasi baik. Kondisi ini memastikan bahwa bawang merah tidak menyerap terlalu banyak uap air atau mengalami panas atau kelembapan.

Menyimpan bawang merah utuh di lemari es membuatnya terkena kondisi dingin dan lembab. Karena menyerap kelembapan dengan sangat mudah, bawang merah lembek dan lebih cepat bsusuk.

Namun, ini tidak berlaku untuk bawang yang dikupas, diiris atau dipotong dadu. Bawang yang sudah dikupas dapat disimpan di lemari es hingga dua minggu, sedangkan bawang merah yang dipotong dadu atau diiris hanya akan bertahan selama 7-10 hari.

2. Jangan Disimpan di Kantong Plastik

Kelembaban yang terperangkap dapat menyebabkan jamur. Jika bawang merah terus berada di dalam kantong plastik, keluarkan dari kantong.

Idealnya, gunakan tempat penyimpanan berlubang atau jaring untuk aliran udara yang lebih baik untuk menjaga tingkat kelembapan tetap rendah.

Untuk penyimpanan jangka pendek taruh semangkuk bawang di atas meja atau lemari tidak masalah.

3. Taruh di Lemari Es jika Sudah Terkupas

Jika bawang merah sudah dikupas, harus disimpan di lemari es untuk menghindari kontaminasi bakteri. Tempatkan dalam wadah kedap udara dan pastikan lemari es disetel ke suhu 4 derajat Celsius atau lebih rendah. Menurut USDA, bawang yang sudah dikupas bisa bertahan 10-14 hari di lemari es.

4. Iris atau Potong Dadu

Irisan atau potongan bawang merah dapat disimpan di lemari es hingga 10 hari. Cukup bungkus dengan rapat dalam bungkus plastik atau simpan dalam kantong yang dapat ditutup kembali.

Untuk penggunaan jangka panjang, bawang merah yang diiris atau dipotong dadu dapat disimpan di dalam freezer selama tiga hingga enam bulan. Penyimpanan seperti itu paling baik digunakan dalam masakan seperti sup atau semur.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Bawang Merah agar Tidak Cepat Busuk
Cara Ini Bikin Beras di Rumah Terhindar dari Kutu

5. Menyimpan Bawang Matang

Bawang yang dimasak dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga lima hari. Cukup tempatkan dalam wadah kedap udara atau kantong yang dapat ditutup kembali dalam beberapa jam setelah memasak.

Jika dibiarkan di luar untuk waktu yang lama, mungkin malah menyimpan bakteri. Lebih baik lagi, bawang yang dimasak disimpan di dalam freezer karena bisa disimpan hingga tiga bulan.

Video Terkait