Makanan Sering Dikerumuni Semut? Begini Cara Mengusirnya dengan Bahan Alami

Ilustrasi Semut (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Jumat, 1 April 2022 | 12:40 WIB

Sariagri - Keberadaan semut di rumah meskipun tidak berbahaya ataupun mematikan tetapi cukup mengganggu. Selain gigitannya yang membuat kulit gatal, menemukan semut yang mengerumuni makanan kita juga merupakan salah satu hal yang menyebalkan pastinya.

Penggunaan obat pembasmi serangga memang efektif mengusir semut, akan tetapi perlu dipertimbangkan tingkat keamanannya untuk kita, karena obat pembasmi serangga itu pasti mengandung racun.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir semut dengan bahan alami yang dirangkum dari berbagai sumber.

Air cuka

Melarutkan cuka di air putih dengan perbandingan 1:1, kemudian menempatkannya pada botol spray kemudian menyemprotkannya pada tempat dimana semut berada. Cara ini dinilai efektif untuk mengusir semut. Hal itu karena bau cuka yang menyengat tidak disukai semut, sehingga semut pasti akan pergi dari tempat itu.

Bubuk cabai

Menempatkan bubuk cabai dalam wadah kecil atau bisa juga dengan menaburkan bubuk cabai ke tempat yang sering dilewati semut merupakan cara yang sangat ampuh. Itu karena bubuk cabai memiliki aroma yang pedas yang membuat semut enggan mendekat lagi.

Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis atau Cinnamon powder dipercaya ampuh juga untuk mengusir semut. Caranya pun cukup sederhana hanya dengan meletakkan pada wadah kecil atau menaburkan langsung. Aroma kayu manis yang sangat khas dan menyengat dapat membuat semut menjauhi tempat dimana semut sering lewat atau singgah.

Larutan lemon

Bahan alami lainnya adalah larutan lemon. Buatlah larutan lemon dengan perbandingan 1:3, yakni 1 lemon dan 3 bagian air. Kemudian tempatkan pada botol spray, gunakan untuk menyemprot tempat-tempat yang banyak semutnya. Aroma lemon yang menyengat dan kandungan asam sitrat yang terdapat pada lemon tidak disukai semut sehingga dipercaya ampuh mengusir semut dari rumah kita.

Baca Juga: Makanan Sering Dikerumuni Semut? Begini Cara Mengusirnya dengan Bahan Alami
Tidak Hanya untuk Masakan, Ini 9 Manfaat Cuka yang Tidak Terduga

Kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung minyak limonene yang tidak disukai semut dan sangat manjur untuk mengusir semut. Caranya cukup mudah, blender kulit jeruk dengan sedikit air sampai halus, kemudian tempatkan pada botol spray untuk menyemprot langsung dimana semut berkerumun. Selain itu bisa juga dengan diguyurkan langsung pada sarang semut. dijamin semut akan kabur untuk mencari sarang lain.

Itulah Sobat Agri cara mengusir semut dengan bahan alami yang mudah kita dapatkan di dapur. Selain hemat, cara tersebut dinilai cukup aman karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Video Terkait