Pahami Kombinasi Menu Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dicampur

Ilustrasi sajian makanan (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 30 Maret 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Chef Norman Ismail mengatakan bahwa penting untuk memahami kombinasi menu makanan yang boleh dan tidak boleh dicampur atau dimakan (food combining) di waktu berdekatan saat berpuasa.

Food combining adalah ilmu yang menarik untuk dipelajari semua orang, tidak hanya saat berpuasa. Yang paling umum misalnya ada buah yang sebaiknya dimakan sendiri tanpa dicampur makanan lain, sayur hanya boleh digabung dengan protein.

"Food combining ini manfaatnya besar untuk kesehatan. Beberapa makanan yang baiknya dihindari untuk dikonsumsi bersamaan adalah pisang dan susu, teh dan susu, dan mengonsumsi buah setelah makan," kata Chef Norman dikutip dari keterangan tertulis, yang dilansir dari Antara.

Selain pola hidup yang tetap diperhatikan saat berpuasa, kombinasi menu sahur dan berbuka pun juga tak boleh luput dari perhatian.

Baca Juga: Pahami Kombinasi Menu Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dicampur
Perdana, 17 Ton Pinang Asal Karimun Diekspor ke Malaysia

"Di bulan puasa nanti, penting bagi kita untuk menerapkan meal prepping yang benar supaya dapat menyiapkan hidangan makanan yang sehat dengan lebih maksimal untuk sahur dan berbuka. Pastikan untuk menyiapkan menu yang beragam agar lebih bervariasi dan keseruan berbuka puasa di rumah tetap terasa," kata dia.

Chef Norman juga memberikan tips untuk menyiapkan makanan saat sahur dan berbuka yaitu dengan membuat daftar bahan makanannya terlebih dahulu berdasarkan nutrisi; membuat 3 menu dalam sehari untuk sahur, takjil dan berbuka; serta buat jadwal meal prepping ini untuk 1 minggu terlebih dahulu.

"Ini bertujuan agar kita tidak overwhelmed dan dapat lebih praktis saat menyiapkan masakan," kata Chef Norman.