Konsumsi Kopi Secara Sehat dengan Cara Berikut

Ilustrasi Minum Kopi (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 28 Maret 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Terlalu banyak kontroversi tentang mengonsumsi kopi. Namun kenikmatannya kopi pun juga tidak bisa ditolak. Selain memberikan dosis antioksidan yang signifikan, kebiasaan minum kopi setiap hari juga dapat membantu menangkal sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe 2, Parkinson, dan kanker usus besar dan payudara.

Ada yang setuju dengan pernyataan di atas, namun tidak sedikit juga yang tidak setuju. Beberapa orang menghindari kopi karena memberika efek buruk bagi kesehatan. Jadi, cara terbaiknya adalah memikirkan bagaimana cara mengonsumsi kopi yang lebih sehat.

Mengutip Time, berikut langkah-langkah agar meminum kopi lebih sehat dan tidak memberikan efek buruk.

1. Minum Segelas Air

Penelitian menunjukkan bahwa meskipun kafein bersifat diuretik (yang berarti memicu kehilangan cairan), tubuhmu tetap dapat menyesuaikan asupan kafein secara konsisten, yang meniadakan efek dehidrasi.

Namun, banyak orang yang memulai hari dengan kopi menemukan bahwa mereka tidak minum cukup air putih. Jika kamu salah satunya, cobalah setidaknya satu cangkir air putih saat kamu bangun tidur. Targetkan minimal 1 liter air sepanjang hari agar tetap terhidrasi dengan baik.

2. Potong Kembali ke Satu Paket Gula

The American Heart Association merekomendasikan batas harian enam sendok teh gula tambahan per hari untuk perempuan. Daripada menuangkannya dari wadah yang lebih besar, gunakan paket atau sendok pengukur untuk melacak asupan gulamu. Coba gunakan hanya satu paket atau satu sendok teh. Jika kamu menggunakan susu atau krim pra-pemanis, jangan gunakan gula manis sama sekali.

3. Gunakan Susu Organik atau Susu Nabati

Jika kamu penggemar susu, pilihlah susu dan krim organik atau susu organik dalam kopimu. Susu yang diproduksi dengan cara ini mengandung lebih banyak nutrisi, serta asam lemak omega-3 anti-inflamasi.

Sebagai alternatif, pilihlah susu dan krimer yang terbuat dari almond, kelapa, jambu mete dan sumber tanaman lainnya. Mereka bisa jauh lebih rendah kalori daripada krim tradisional. Selain itu, susu nabati tersebut sering diproduksi dengan bahan alami seperti tanpa sirup jagung fruktosa tinggi dan memberikan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

4. Singkirkan Pemanis Buatan

Pemanis buatan mungkin bebas kalori, tetapi penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan juga dapat memicu peningkatan risiko obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Coba biasakan minum kopi tanpa pemanis atau gunakan lebih sedikit gula asli.

5. Tambahkan kayu manis atau Rempah Lainnya

Salah satu trik terbaik untuk memotong asupan gula adalah dengan menambahkan rempah-rempah “manis”, seperti kayu manis, jahe, pala dan cengkeh pada kopi. Selain meningkatkan rasa dan aroma, rempah-rempah ini meningkatkan asupan antioksidan. Kayu manis memiliki manfaat tambahan dalam mengatur gula darah dan regulasi insulin.

Video Terkait



Baca Juga: Konsumsi Kopi Secara Sehat dengan Cara Berikut
4 Tips Memanfaatkan Sisa Kopi