3 Cara Penggunaan Madu untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Ilustrasi madu. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 27 Maret 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Sejak zaman kuno madu diketahui memiliki khasiat kesehatan dan kemampuan terapeutiknya. Madu juga bisa dicampur dalam teh hangat untuk menambah efek menenangkan.

Kemampuan menyembuhkan yang dimiliki oleh madu menjadi fokus dari banyak penelitian medis. Salah satu khasiat madu adalah meredakan sakit tenggorokan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga merekomendasikan penggunaan madu jika sakit tenggorokan disertai batuk. Delain itu, National Institute for Health and Care Excellence (NICE) dan Public Health England (PHE) juga merekomendasikan hal yang sama setelah melalui bukti ilmiah.

Berikut tiga cara penggunaan madu untuk sakit tenggorokan.

1. Madu dan Air Hangat

Ramuan ini paling sederhana dan paling mudah untuk meredakan sakit tenggorokan. Campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat, kemudian diminum.

Waktu meminumnya adalah 3 sampai 4 kali sehari. Tidak ada efek samping dan akan segera terlihat peningkatan kondisi kesehatanmu.

Untuk hasil terbaik, pilih madu mentah dan bukan varietas yang dipasteurisasi.

2. Madu dan Jahe

Bukan hanya meredakan sakit tenggorokan, namun ramuan madu dan jahe ini bisa mengobati akar penyebab radang tenggorokan.

Caranya, hancurkan jahe dan peras sarinya hingga terkumpul satu sendok. Kemudian campurkan sari jahe ini dengan satu sendok makan madu. Minum segera.

Gunakan jahe segar untuk membuat racikan ini. Minum setidaknya 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil terbaik. Ramuan ini juga bisa untuk meredakan batuk kering.

Cara lainnya, bisa juga dengan merebus air dan jahe yang diparut sekitar 5 menit. Saring dan campur 1 sendok makan madu dengan itu dan segera diminum.

Baca Juga: 3 Cara Penggunaan Madu untuk Redakan Sakit Tenggorokan
Bak Ramuan Suci, Ini Khasiat Teh Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

3. Madu, Lemon dan Air Panas

Saat ini, ada banyak obat batuk yang mengandung madu. Tapi kita bisa dengan mudah membuat obat batuk sendiri.

Peras setengah buah lemon kemudian campur dengan secangkir air hangat. Tambahkan dua sendok teh madu ke dalamnya, lalu minumlah selagi masih hangat. Kita akan merasa lega hanya dalam sehari.

Meskipun alergi madu cukup jarang, konsultasikan dengan dokter sebelum mengobati sakit tenggorokan dengan madu. Jika madu atau pengobatan rumahan lainnya tidak meredakan rasa sakit, bahkan mengalami gejala lain seperti demam, segera periksa ke dokter.

Video Terkait