Gak Bikin Ngantuk, Makan Kangkung Justru Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Ilustrasi sayuran kangkung (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Sabtu, 26 Maret 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Sebagian masyarakat Tanah Air tentunya pernah mencicipi olahan sayuran kangkung. Namun, mitos yang selama ini berkembang di kalangaan masyarakat adalah kangkung identik dengan sayuran yang dapat menyebabkan kantuk. Lantas, benarkah begitu?

Mengutip dari laman Universitas Islam Indonesia, mitos yang menyatakan kangkung merupakan sayuran yang dapat menyebabkan kantuk sebenarnya terlalu berlebihan. Saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kangkung dapat menyebabkan kantuk.

Kangkung memang mengandung komponen kimia yang bersifat sedative atau penenang. Komponen tersebut dapat membuat pikiran orang yang mengonsumsinya menjadi tenang, sehingga berpotensi mudah untuk ngantuk. Tetapi hal tersebut tidak dapat menjadi acuan untuk membuktikan kangkung merupakan obat tidur yang baik karena respon seseorang terhadap zat sedatif tersebut berbeda-beda.

Meningkatkan Konsentrasi Otak

Faktanya, kandungan zat besi yang tinggi pada kangkung dapat membuat konsentrasi otak menjadi meningkat. Zat besi merupakan komponen terpenting dalam pembuatan sel-sel darah merah. Dengan meningkatnya produksi sel-sel darah merah, aliran oksigen ke seluruh tubuh, terutama ke otak, ikut meningkat sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

Baca Juga: Gak Bikin Ngantuk, Makan Kangkung Justru Bisa Tingkatkan Konsentrasi
Benar Gak Sih, Makan Kangkung Bikin Kantuk?

Dilihat dari nilai gizinya, kangkung merupakan salah satu di antara sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin A yang bersal dari betakaroten. Diperkirakan betakaroten memiliki banyak fungsi yang tidak dimiliki senyawa lain.

Sementara itu, jika dilihat dari intensitas warna hijaunya, daun kangkung tergolong dalam intensitas hijau yang sedang. Derajat kehijauan dari warna daun erat hubungannya dengan kadar karoten. Semakin hijau daun tersebut, semakin tinggi kadar karotennya.

Video Terkait