Apa Benar Singkong Miliki Banyak Manfaat Dibandingkan Nasi? Ini Jawabannya

Ilustrasi singkong. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 23 Maret 2022 | 14:50 WIB

Sariagri - Singkong merupakan makanan favorit orang Indonesia. Umbi kayu satu ini dapat diolah menjadi berbagai jenis menu, mulai dari yang manis hingga yang asin.

Tak hanya itu, singkong juga sering dijadikan makanan utama pengganti nasi oleh beberapa kalangan. Khususnya yang sedang menjalani program diet.

Kandungan serat yang tinggi di dalam singkong, memberikan efek kenyang lebih cepat. Sehingga sangat cocok untuk orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
Lalu, bagaimana kandungan gizi yang ada di dalam singkong?

Apa Benar Singkong Miliki Banyak Manfaat Dibandingkan Nasi?

Menurut ahli gizi dari Rumah Sakit Pelni, dr. Jovita Amelia, jumlah kalori dalam satu porsi nasi (sekitar 100gr) sama dengan 120 gram singkong.

"120 gram singkong atau dua potong singkong ukuran  kecil atau sedang itu setara dengan satu porsi nasi. Jadi jumlah kalorinya sama 175 kal, karbohidrat sama 40gram, protein juga sama," ujarnya saat dihubungi Sariagri, beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut dr. Jovita menjelaskan, yang membedakan adalah mikronutrien, seperti kalium, natrium, serat dan mineral lainnya. Kandungan kalium di dalam singkong merupakan yang paling tinggi dibandingkan lainnya. Jumlah kalium per 100 gram singkong sekitar 271 mg.

Baca Juga: Apa Benar Singkong Miliki Banyak Manfaat Dibandingkan Nasi? Ini Jawabannya
Tahun Baru? Cicipi Menu Masakan Khas Kalimantan Ini

Dia juga mengatakan, kandungan gizi dalam singkong yang sudah diolah tidak mengalami perubahan. Namun, jumlah kalori di dalam singkong tersebut akan bertambah, tergantung dari cara pengolahan panganan itu sendiri.

"Kalau digoreng jumlah kalorinya akan bertambah dari minyak, ditambahkan tepung juga sama. Tapi, kalau jumlah karbohidrat, kalium, natrium dan mineral lainnya, kurang lebih sama," tuturnya.

 

Video Terkait