Pebalap MotoGP Terima Cinderamata Berupa Bumbu Khas Indonesia

Ilustrasi bumbu dapur. (Foto: Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 22 Maret 2022 | 17:35 WIB

Sariagri - Gelaran perdana Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 baru saja usai beberapa waktu lalu. Para pebalap pun menerima hadiah cinderamata yang berisikan berbagai bumbu, bahan masakan dan minuman khas Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan bahwa cinderamata tersebut merupakan bentuk dukungan dari para pelaku usaha bumbu dan kuliner Indonesia di bawah koordinasi Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI),

"Kita berikan cinderamata ini khusus dengan isinya bervariasi mulai dari bumbu rendang, bumbu soto, bubur ayam, kerupuk, rempah seduh hingga varian kopi," ujar Menko Luhut melalui keterangan resminya.

Presiden Jokowi memberikan secara simbolis cinderamata tersebut kepada para pebalap. Adapun berbagai jenis bumbu dan bahan makanan dikemas dalam kotak suvenir khusus. Isinya bervariasi mulai dari bumbu rendang, bumbu soto, bubur ayam, kerupuk, rempah seduh hingga varian kopi.

Menko Luhut menjelaskan bahwa GAPMMI, telah menjadi mitra strategis pemerintah dalam mengangkat kuliner Indonesia melalui Program Indonesia Spice Up the World (ISUTW) selama dua tahun terakhir.

Baca Juga: Pebalap MotoGP Terima Cinderamata Berupa Bumbu Khas Indonesia
Luhut Kampanyekan Bumbu Asli Indonesia 'Spice Up the World'

ISUTW merupakan program kolaboratif dari Kementerian atau Lembaga, dunia usaha, akademisi, asosiasi, komunitas dan media untuk mempromosikan kuliner Indonesia ke pasar mancanegara, dengan target nilai ekspor sebesar USD2 miliar serta 4.000 restoran Indonesia di mancanegara pada tahun 2024.

"Target lainnya adalah mengangkat produk unggulan bumbu dan rempah–rempah merek lokal Indonesia ke pasar global," tuturnya.

Menko Luhut berharap dengan adanya program ISUTW dapat memacu pegembangan jaringan restoran Indonesia di mancangera.

Video Terkait