Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Radang Tenggorokan

Ilustrasi Sakit Tenggorokan (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 22 Maret 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Rasanya tidak nyaman ketika kita dihadapkan dengan rasa sakit pada tenggorokan. Apalagi jika sudah sampai terkena radang pada area tenggorokan. Makan dan minum pun akan terasa tidak nyaman dan tentunya akan mengganggu aktivitas.

Dalam bahasa medis, radang tenggorokan disebut dengan faringitis. Kondisi tersebut merupakan kondisi ketika seseorang mengalami peradangan pada bagian belakang tenggorokan.

Gejala radang tenggorokan umum terjadi akibat penyakit lain seperti flu, demam, dan mononukleosis (demam kelenjar). Meski pada umumnya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya, namun ada makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari agar penyembuhannya semakin cepat.

Berikut adalah beberapa jenis minuman dan makanan untuk radang tenggorokan yang sebaiknya dihindari.

1. Makanan Bertekstur Keras dan Renyah

Kerupuk, roti kering, kacang-kacangan, atau keripik kentang merupakan makanan yang bertekstur keras yang perlu dihindari ketika radang tenggorokan.

Jenis makanan tersebut akan membuat radang tenggorokan semakin parah dan terasa menyakitkan.

2. Makanan Asam dan Asin

Jenis makanan yang diolah dengan cuka atau garam diketahui akan membuat penderita radang tenggorokan semakin parah. Alih-alih menenangkan, mengonsumsi makanan asam dan asin membuat radang semakin parah. Akhirnya bisa membuat sakit makin tak karuan.

3. Makanan Bercita Rasa Pedas

Sambal, saus, atau bubuk cabai perlu kamu hindari saat sakit radang tenggorokan. Pasalnya, makanan pedas dapat memperburuk kondisi peradangan di tenggorokan.

Baca Juga: Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Radang Tenggorokan
Gelato Vs Es Krim, Manakah yang Lebih Sehat?

4. Buah-buahan Asam

Hindari konsumsi lemon, tomat, jeruk, jus jeruk, jus tomat, serta buah-buahan yang bersifat asam. Buah-buahan tersebut dapat mengiritasi permukaan tenggorokan.

5. Alkohol

Minuman dan obat kumur yang mengandung alkohol bisa menyebabkan sensasi menyengat pada tenggorokan yang sakit. Minuman beralkohol juga menimbulkan dehidrasi yang tidak baik bagi orang dengan radang tenggorokan.

Video Terkait