Hati-hati, Makan Telur Asin Terlalu Banyak Menimbulkan Berbagai Penyakit

Ilustrasi Telur Asin (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 21 Maret 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Telur asin memang nikmat jika disandingkan dengan berbagai menu makanan. Selain itu, banyak pencinta telur asin mengatakan jika olahan telur yang satu ini bisa menambah nafsu makan.

Sekadar informasi, telur asin adalah olahan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan dan umumnya dibuat menggunakan telur bebek. Ketika proses pengasinan sudah selesai, kamu bisa menyimpannya dengan kurun waktu 30 hari.

Ramai dibicarakan jika telur asin banyak mengandung manfaat bagi tubuh. Lantaran kandungan yang terdapat pada telur asin seperti omega 3, protein, lemak, serat, kalsium, hingga fosfor dalam telur asin.

Dengan melihat beberapa kandungan baik tersebut, telur asin dipercaya mampu menjaga metabolisme tubuh, menguatkan tulang, mengatasi anemia, hingga meningkatkan kualitas otok.

Namun di balik itu semua, kamu tahu tidak terdapat risiko membahayakan jika mengonsumsi telur asin terlalu sering?

Berdasarkan data dari Nutrition Research and Head of Glikemik Indeks Research Unit, mengonsumsi telur asin dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Hal ini dikarenakan telur asin mengandung 300-600 mg kolesterol. Sedangkan tubuh tidak boleh mengonsumsi kolesterol lebih dari 300 mg sehari.

Acap kali kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan munculnya penyakit kardiovaskular. Karena dibuat dengan proses pengasinan yang memakan waktu berhari-hari, kadar natrium pada telur asin pun menjadi tinggi.

Memang benar, natrium sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbanga elektrolit pada tubuh. Namun, jika terlalu banyak menyebabkan meningkatnya kadar gula darah, bahkan yang terparahnya menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga: Hati-hati, Makan Telur Asin Terlalu Banyak Menimbulkan Berbagai Penyakit
Ini Batas Aman Kita Mengkonsumsi Telur

Terlebih bagi kamu yang mempunyai masalah kesehatan seperti hipertensi, berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi telur asin.

Melihat dampak negatif dari telur asin yang mengerikan, bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali mengkonsumsinya. Kamu tetap boleh memakan telur asin, namun dengan batas yang normal.

Video Terkait