Mengukus atau Merebus Sayuran, Mana Cara yang Lebih Baik?

Ilustrasi masakan yang direbus. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 19 Maret 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Antrean ratusan warga untuk mendapatkan mendapatkan minyak goreng menarik perhatian Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Dalam suatu kesempatan, Megawati menjelaskan bahwa dirinya keheranan akan situasi itu. Ia juga mempertanyakan mengapa ibu-ibu tidak menggunakan metode lain untuk memasak, seperti merebus atau mengukus.

"Saya itu sampai mikir jadi tiap hari ibu-ibu itu apakah hanya menggoreng. Sampai begitu rebutannya, apa tidak ada cara untuk merebus, lalu mengukus atau seperti rujak?" ujar Megawati.

Merebus dan mengukus adalah metode memasak yang populer. mengetahui pro dan kontra dari masing-masing metode membantumu menyiapkan sayuran dengan cara yang dapat mempertahankan nutrisi, warna, dan rasa sayuran.

Masing-masing metode baik mengukus atau merebus, memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi mengetahui perbedaan di antara keduanya akan membantu kamu memutuskan mana yang lebih baik untuk.

Apa perbedaan antara merebus dan mengukus?

Perbedaan utama antara merebus dan mengukus sayuran adalah cara memasaknya. Merebus membuat sayuran terendam dalam air mendidih. Sementara mengukus membutuhkan sayuran di atas air yang mendidih dan kemudian ditutup, jadi sayur matang karena uap panas dari air mendidih.

Selama proses merebus, beberapa nutrisi keluar dari sayuran. Semakin lama dimasak, semakin banyak nutrisi yang keluar. Saat membuat sup atau rebusan, mungkin tidak menjadi masalah karena air rebusannya dikonsumsi.

Namun, saat memasak sayuran yang dimaksudkan sebagai lauk, camilan atau makanan, merebusnya akan menghasilkan sayuran yang memiliki tingkat nutrisi yang berkurang. Memasak terlalu lama juga menghilangkan warna dan rasa.

Sementara sayuran kukus dimasak sebentar lalu diangkat. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan pengukus sayuran atau panci biasa dengan penutup. Selama mengukus, panasnya uap memasak sayuran dan terhindar dari air mendidih.

Tujuan mengukus adalah memasak sayuran sampai tidak mentah lagi, tetapi masih cerah dan renyah. Cara ini mempertahankan warna dan rasa, dan beberapa kandungan nutrisi.

Apakah mengukus lebih baik daripada merebus?

Dari penjelasan di atas, terbukti bahwa mengukus adalah pilihan yang jauh lebih sehat. Mengukus adalah cara memasak yang lembut karena makanan tidak bersentuhan dengan air mendidih.

Saat dikukus, makanan terkena panas sebentar. Oleh karena itu kecerahan, rasa, dan kerenyahan tetap utuh. Apakah itu berarti harus berhenti merebus sayuran sepenuhnya? Belum tentu.

Alasan utama kita merebus makanan untuk membunuh 99,99 persen bakteri. Juga, beberapa makanan paling baik dimasak dengan cara direbus. Dengan mengurangi panas dan jumlah air, kamu masih bisa merebus sayuran dan mempertahankan nutrisi dengan baik.

Baca Juga: Mengukus atau Merebus Sayuran, Mana Cara yang Lebih Baik?
Sederet Makanan Alami yang Ampuh Atasi Sulit Buang Air Besar

Perebusan membutuhkan waktu lebih lama daripada mengukus. Metode mengukus dipilih saat berniat untuk memasak sayuran yang memiliki tekstur yang renyah dan warna cerah yang utuh.

Saat merebus makanan, tujuannya adalah untuk mematangkan sepenuhnya. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu lebih lama untuk merebus makanan daripada mengukusnya.

Video Terkait