Selain Semangka, Ini 5 Makanan yang Ampuh Atasi Disfungsi Ereksi

Ilustrasi semangka. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 17 Maret 2022 | 12:40 WIB

Sariagri - Pola makan tak sehat merupakan salah satu penyebab timbulnya disfungsi ereksi. Makanan dengan kandungan lemak berlebih misalnya, dapat mengganggu kemampuan ereksi akibat terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Namun makanan yang tepat juga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan ereksi seseorang. Meski bukan solusi instans, banyak bukti menunjukan makanan tertentu dapat membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi.

"Bukti bahwa makanan dapat membantu dengan DE (disfugsi ereksi) mungkin terkait dengan koneksi vaskular," kata Firouz Daneshgari, MD, Profesor dan Ketua Departemen Urologi di Case Western Reserve University School of Medicine dan University Hospitals Case Medical Center di Cleveland.

"Masalah ereksi biasanya karena tidak memiliki suplai darah yang baik ke penis, jadi makanan yang baik untuk sistem pembuluh darah juga dapat membantu mencegah DE," tambah Daneshgari.

Berikut sejumlah makanan yang dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi, seperti dilansir dari Everyday Health:


1. Sayuran Hijau dan Bit

Sayuran berdaun hijau, seperti seledri dan bayam dapat meningkatkan sirkulasi karena konsentrasi nitrat yang tinggi. Jus bit ternyata mengandung nitrat yang sangat tinggi.

Nitrat adalah vasodilator yang dapat membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Bertahun-tahun sebelum Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menyetujui obat DE pertama pada tahun 1998, beberapa laporan kasus tentang efek menguntungkan dari nitrat untuk disfungsi ereksi telah diterbitkan. Obat DE yang digunakan saat ini didasarkan pada efek relaksasi nitrat pada pembuluh darah yang memasok penis.

2. Cokelat Hitam

Sebuah studi baru-baru ini di jurnal Circulation menemukan bahwa flavonoid dalam cokelat hitam meningkatkan sirkulasi. Itu bisa baik untuk masalah ereksi yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk. Flavonoid adalah antioksidan alami yang melindungi tanaman dari racun dan membantu memperbaiki kerusakan sel.

Studi menunjukkan bahwa flavonoid dan antioksidan lainnya memiliki efek yang sama pada manusia. Mereka dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol, yang keduanya merupakan faktor yang berkontribusi terhadap DE.

3. Tiram dan Kerang

Tiram selalu memiliki reputasi afrodisiak. Salah satu alasannya mungkin karena tiram memiliki kadar mineral seng yang tinggi, yang memainkan peran penting dalam produksi hormon testosteron pria, dan kadar testosteron yang rendah bisa menjadi salah satu alasan DE.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society menemukan, kerang mentah mengandung senyawa yang merangsang pelepasan hormon seksual baik pada pria maupun wanita.

4. Semangka

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semangka mungkin memiliki efek pada disfungsi ereksi yang mirip dengan obat DE Viagra dan juga dapat meningkatkan hasrat seksual. Semangka kaya akan bahan bermanfaat yang dikenal sebagai fitonutrien.

Fitonutrien juga merupakan antioksidan. Salah satu manfaatnya adalah mereka mengendurkan pembuluh darah yang memasok ereksi. Meskipun semangka adalah 92 persen air, 8 persen lainnya dapat bekerja sangat baik untuk jantung.

Baca Juga: Selain Semangka, Ini 5 Makanan yang Ampuh Atasi Disfungsi Ereksi
5 Makanan Kalori Negatif yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan

5. Tomat dan Grapefruit Merah

Lycopene adalah salah satu fitonutrien yang baik untuk sirkulasi dan baik untuk masalah seksual. Lycopene ditemukan dalam buah merah tua seperti tomat dan grapefruits merah muda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat diserap paling baik ketika dicampur dengan makanan berminyak seperti alpukat dan minyak zaitun. Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan seperti likopen membantu melawan infertilitas pria dan kanker prostat.

Video Terkait