Ini 4 Tips Menghemat Makanan Demi Lingkungan yang Lebih Baik

Ilustrasi Limbah Makanan (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 16 Maret 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Alam memiliki berbagai macam sumber daya melimpah yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari beragam sayur dan buah yang dijadikan bahan makanan, air untuk konsumsi sehari-hari.

Namun sayangnya, sebagian besar aktivitas manusia justru menimbulkan banyak masalah yang mengganggu keseimbangan lingkungan. Misalnya dari aktivitas konsumsi makanan sehari-hari yang menyebabkan banyak menimbulkan masalah limbah makanan.

Cara menjaga lingkungan dapat dilakukan dengan menanam pohon, mengelola sampah, kurangi konsumsi daging, hingga menghemat air untuk mengurangi dampak pencemaran yang ada.

Beberapa cara diharapkan memberikan dampak yang baik untuk lingkungan. Semakin banyak masyarakat yang melakukan upaya ini maka semakin besar pula efek positif yang dihasilkan.

Kampanye save 1/3 food yang digaungkan oleh Emirates-Nature WWF yang bertujuan untuk memerangi limbah makanan.

Caranya dengan memberikan solusi tepat agar masyarakat bisa mengubah tren konsumsi makanan sehari-hari untuk berbelanja, memasak dan makan dengan lebih cerdas.

Baca Juga: Ini 4 Tips Menghemat Makanan Demi Lingkungan yang Lebih Baik
Mengolah Limbah Rumah Tangga Menjadi Pakan Ikan

"Kita semua saling berhubungan dan bergantung pada makanan yang sehat, berlimpah dan sumber daya untuk bertahan hidup. Kampanye ini diharapkan bisa mendukung UEA (Uni Emirate Arab) dalam mengatasi masalah global tentang limbah makanan," kata Laila Mostafa Abdul Latif, direktur jenderal Emirates Nature-WWF.

Inilah empat tips tentang cara berbelanja, memasak dan mengkonsumsi makanan lebih efisien.

1. Simpan satu telur bisa menghemat 185 liter air yang bisa digunakan untuk tiga kali mandi.
2. Simpan satu kilogram daging sapi bisa menghemat 15.413 liter air, setara dengan 3,43 juta liter untuk semua daging dalam satu hewan. Jumlah air ini bisa mengisi kolam renang yang biasa digunakan untuk olimpiade.
3. Hemat 1/3 makanan per tahun bisa menyediakan 250 triliun liter air. Cukup untuk menyediakan air selama 30 tahun bagi 7,6 miliar orang di Bumi.
4. Dengan menghemat 1/3 makanan, kita bisa menghemat 10 persen energi di seluruh dunia yang dapat memberi daya untuk satu miliar rumah selama setahun.

Video Terkait