Jarang Makan Buah dan Sayur Bisa Picu Rasa Cemas, Ini Kata Ahli

Ilustrasi Cemas (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 16 Maret 2022 | 13:40 WIB

Sariagri - Rasa cemas terkadang muncul begitu saja, membuat seluruh aktivitas yang kita lakukan terganggu. Bahkan, keadaan tersebut membuat seseorang menjadi sulit berpikir dan sangat menyita waktu penderitanya.

Dilansir dari pinkvilla, Ahli gizi Vidhi Chawla berbicara mengenai makanan yang dapat kamu konsumsi, ataupun kamu sertakan kedalam menu diet agar membantumu dapat menenangkan dari rasa stres, dan rasa kecemasan.

Beberapa ahli dan juga dokter mempelajari bahwa setiap makanan yang dikonsumsi, maka dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Hal ini terjadi dikarenakan ada hubungan antar otak dan perut, yakni adanya dampak pada aktivitas neurotransmiter dan otak secara kimia. Tentunya bisa memeperngaruhi pada perilaku yang terkait dengan kecemasan, terutama jika terdapat nutrisi yang tidak cukup.

Senada dengan hal tersebut, International Journal of Environmental Research and Public Health yang mempublikasikan hasil penelitiannya, menjelaskan bahwa apa yang dikonsumsi seseorang sangat berpengaruh terhadap kemunculan rasa cemas. Di dalam kasus ini, orang-orang yang jarang mengkonsumsi buah dan sayur sangat rentan terserang rasa cemas.

Penelitian itu menyebutkan, jika seseorang yang mengonsumsi kurang dari tiga sumber buah dan sayuran setiap harinya, lebih cenderung mengalami rasa cemas lebih tinggi 24 persen.

"Mungkin ini menjelaskan temuan yang terkait dengan ukuran komposisi tubuh. Kalau kadar total lemak tubuh meningkat di atas 36 persen, kemungkinan gangguan kecemasan meningkat lebih dari 70 persen," kata salah seorang peneliti, Jose Mora-Almanza.

Baca Juga: Jarang Makan Buah dan Sayur Bisa Picu Rasa Cemas, Ini Kata Ahli
Sederet Makanan Alami yang Ampuh Atasi Sulit Buang Air Besar

Lebih lanjut lagi, dengan meningkatnya lemak dalam tubuh maka berpotensi mengalami peradangan yang lebih besar juga. Biasanya, peradangan yang tinggi diakibatkan dari kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur.

"Temuan kami sesuai dengan penelitian sebelumnya yang juga menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan terhadap gangguan kecemasan daripada laki-laki," kata peneliti lainnya, Karen Kobayashi.

Video Terkait