Dua Bumbu Dapur Ini Bisa Jauhkan Beras dari Kutu, Loh!

Ilustrasi Beras (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 18 Maret 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Kita kerap mengatakan bahwa tidak makan nasi, artinya belum makan sama sekali. Tidak heran jika beras menjadi bahan pokok masyarakat Indonesia. Selain dijadikan nasi, beras juga dapat diolah untuk berbagai pangan seperti kue. 

Perlu dicatat bahwa penting untuk mengetahui cara menyimpan beras yang benar. Hal tersebut dikarenakan tidak jarang beras bisa terserang kutu. Apalagi, kualitas dan nutrisi beras yang sudah berkutu akan berkurang.  

Kualitas beras yang bersih dan sehat berpengaruh pada kesehatan. Konsumsi beras yang tidak bersih dapat berisiko pada alergi hingga muntah. Karena gizi dan nutris pada beras berkutu berkurang, maka sudah tidak layak lagi dikonsumsi. 

Oleh sebab itu jika kamu terbiasa membeli beras dalam jumlah banyak untuk disimpan sebagai stok, jangan biarkan beras tersebut berkutu. Jamur, kutu atau rayap dalam beras dapat mudah datang jika beras disimpan pada ruang yang lembab.

Berikut cara menyimpan beras yang benar agar bahan makanan pokok ini tidak rusak: 

1. Simpan Dalam Wadah Tertutup 

Pertama, siapkan wadah berukuran besar yang memiliki tutup. Pastikan wadah tersebut dalam keadaan kering, bersih, dan kencang. Jangan taruh beras dalam keadaan basah, sebab mempermudah datangnya jamur. Jika sudah siap, masukkan semua beras dan simpan di tempat yang kering dan tidak ada sinar matahari.

2. Menggunakan Bawang Putih 

Siapa sangka bahwa bawang putih bisa menjadi alternatif untuk mengusir kutu beras. Bawang putih memiliki fungsi desinfektan sangat efektif untuk menghindari kutu pada beras sehingga lebih tahan lama dalam wadah. Caranya mudah, cukup taruh bawang putih dalam wadah beras. Sangat mudah bukan? Bahannya pun tidak susah untuk didapatkan.

Baca Juga: Dua Bumbu Dapur Ini Bisa Jauhkan Beras dari Kutu, Loh!
Ingin Cepat Langsing? Coba Konsumsi Buah Ini Deh

3. Menggunakan Lada

Lagi-lagi bumbu dapur satu ini memiliki fungsi yang sama baiknya dengan bawang putih. Aroma lada yang kuat akan berpindah pada beras di dalam wadah. Selain beras terhindar dari kutu, saat dimasak nasi juga memiliki aroma yang unik dan lebih enak saat dimasak.

Dengan lada, kamu bisa mendapatkan dua manfaat yaitu nasi yang memiliki aroma unik dan beras yang terbebas dari kutu. Namun perlu diketahui bahwa jangan mencampur lada jadi satu dengan beras. Kamu bisa memasukkan lada pada wadah kecil dan mengikatnya agar tak tercampur dengan beras.

Video Terkait