Gelato Vs Es Krim, Manakah yang Lebih Sehat?

Ilustrasi gelato. (Foto: Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 14 Maret 2022 | 16:20 WIB

Sariagri -  Es krim merupakan salah satu hidangan penutup yang banyak disukai oleh semua kalangan usia. Selain es krim ada pula gelato yang banyak dijual, meski terlihat sama nyatanya es krim dan gelato berbeda lho.

Gelato dan es krim sama sama hidangan penutup beku yang terbuat dari bahan susu dan gula. Jika dilihat dari segi tekstur dan rasa hampir mirip bahkan sama. Tetapi ada perbedaan dari bahan, cara pembuatan hingga kandungan gelato dan es krim.

 
Berikut perbedaan gelato dan es krim, dilansir dari laman healthline.

1. Perbedaan asal

Meski belum diketahui dengan pasti dari mana es krim berasal. Namun, jika ditelusuri kembali, es krim berasal dari Tiongkok kuno. Makanan penutup ini berasal dari perpaduan susu kerbau, tepung, dan juga es. Hidangan tersebut menjadi favorit Raja Tang dari Shang.
Berbeda dengan es krim yang berasal dari Tiongkok sedangkan gelato berasal dari Italia. Gelato pertama kali dibuat di Sisilia, Italia. Versi lain menyebutkan bahwa gelato pertama kali dibuat di Florence, Italia.

2. Bahan yang digunakan

Gelato dan es krim sebetulnya terbagi dari tiga bahan utama yaitu, susu, gula dan udara. Perbedaan bahan keduanya terletak pada porsinya. 
Dalam pembuatan gelato dan es krim susu dan krim dicampur secara merata dan si pasteurisasi tak lupa masukkan perasa alami atau buatan. Selanjutnya, udara dimasukkan dengan mengaduk campuran sebelum dibekukan.
Perbedaan keduanya terletak pada udara yang dimasukkan sebelum diaduk. Es krim akan diaduk dengan kecepatan tinggi sehingga adonan akan mengembang dan udara lebih banyak masuk. Semantara, gelato diaduk dengan kecepatan rendah. Sehingga kandungan udaranya lebih sedikit dibanding es krim.
Dengan begitu, es krim akan lebih banyak mengandung udara dan lemak. Sedangkan gelato  mengandung sekiti udara dan lebih banyak susu.

3. Tekstur dan rasa

Dari segi tekstur, gelato memiliki tekstur yang lebih padat dan halus dibanding es krim. Tekstur padat ini berasal dari gelato yang mengemas lebih banyak rasa dari sumber alami.
Sementara es krim memiliki kandungan udara yang lebih banyak dibanding gelato. Hal itu membuat tekstur es krim lebih ringan dan lembut. Es krim mengandung lemak mentega, sehingga kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk mendeteksi rasa es krim.


4. Kandungan di dalamnya

Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa, es krim merupakan produk susu yang memiliki setidaknya 10% kalori yang berasal dari lemak. Dalam sekotak es krim mengandung 25% yang berasal dari lemak.Sementara gelato juga mengandung lemak namun dengan kandungan yang jauh lebih sedikit. Gelato mengandung lemak sekitar 4-9%, gelato lebih banyak mengemas gula daripada es krim. 
Meski gelato dinilai mengandung lemak lebih sedikit. Tetap menjadi catatan bahwa keduanya mengandung banyak gula. 

5. Cara penyajian

Baca Juga: Gelato Vs Es Krim, Manakah yang Lebih Sehat?
Sirup Glukosa dan Sirup Fluktosa, Dua Jenis Pemanis Tambahan yang Kerap Digunakan



Gelato biasanya disajikan menggunakan spatula datar atau sekop. Penggunaan sekop datar untuk mempertahankan tekstur lembutnya. Untuk menyimpan gelato ditaruh di suhu yang lebih tinggi daripada es krim. 
Sementara es krim biasanya disajikan dengan sendok es krim yang berbentuk bulat, untuk memudahkan saat penyajian. Dengan kandungan lemak yang lebih banyak memungkinkan untuk es krim dibentuk menjadi seperti bola yang bulat.

Video Terkait