Mengenal Keju Vegan yang Terbuat dari Nabati

Ilustrasi keju vegan. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Minggu, 13 Maret 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Keju vegan merupakan solusi untuk pecinta pola makan nabati yang ingin menambahkannya ke dalam makanan. Tentu saja bahan pembuatan keju vegan berbeda dari keju pada umumnya.

Pembuatan keju biasanya berasal dari susu sapi. Namun keju vegan berasal olahan nabati seperti produk kedelai, tepung beras, tepung kentang dan kacang-kacangan seperti mete, almond serta macadamia.

Selain itu, keju vegan juga bisa dibuat dari minyak sayur seperti minyak kelapa. Saat ini banyak orang memilih pembuatan keju vegan dengan tapioka, kacang polong, dan agar-agar.

Melansir Times of India, pembuatan keju vegan yang berbeda dari keju biasa tentu saja akan menghasilkan rasa yang berbeda. Perbedaan utama yang muncul adalah keju vegan mungkin tidak bisa meleleh layaknya keju biasa.

Namun semakin banyak yang pecinta makanan vegan membuat pembuat keju mengadopsi proses dan teknik yang lebih mudah beradaptasi dengan hasil keju vegan yang nikmat.

Keju vegan memiliki gizi yang cukup untuk tubuh. Namun seperti banyak makanan lainnya, keju vegan juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Dibandingkan dengan keju dari susu sapi, keju vegan rendah lemak. Namun, keju vegan memiliki protein dan kalsium yang lebih rendah dari keju biasa serta bebas gluten.

Proses pembuatan keju vegan membuatnya memiliki kadar natrium yang tinggi. Beberapa keju vegan juga memiliki nutrisi penting seperti B12 dan vitamin D nabati.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Progress in Cardiovascular Diseases' menyebutkan diet yang mencakup protein nabati, serat, kacang-kacangan, dan sterol nabati menurunkan kolesterol, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan penanda lain untuk risiko penyakit kardiovaskular.

Saat ini keju vegan tersedia dalam berbagai jenis seperti mozarella vegan hingga ricotta, parmesan hingga cheddar, eta dan krim keju.

Cara untuk membuat keju vegan dapat dilakukan di rumah. Pertama sediakan 400 mililiter santan, 1/2 cangkir air panas, 2 sendok makan bubuk agar-agar, 2 sendok makan ragi nutrisi, 1 1/4 sendok teh garam, 1/2 sendok teh jeruk nipis, 1/4 sendok teh bubuk bawang putih.

Kemudian siapkan cetakan keju seperti mangkuk atau wadah kaca, lalu semprotkan minyak pada wadah tersebut supaya tidak lengket. Selanjutnya, tuangkan santan dalam panci dan taruh di atas api sedang. Tambahkan air panas ke dalam panci dan aduk rata.

Baca Juga: Mengenal Keju Vegan yang Terbuat dari Nabati
Berani Mencoba? Casu Marzu, Keju Belatung yang Dianggap Seperti Narkoba

Kemudian tambahkan semua bahan ke dalam ppanci dan aduk menggunakan whisker. Biarkan susu mendidih di atas api sedang sambil terus diaduk. Setelah itu matikan api sampai saus keju hampir mendidih dan aduk terus selama 5-6 menit sampai sangat halus.

Hal tersebut bertujuan untuk mengaktifkan ragi dan agar-agar. Kemudian tuang adonan ke dalam cetakan keju yang sudah disiapkan.Setelahnya diamkan sekitar 15 menit, lalu tutup dan pindahan ke dalam kulkas selaam dua jam hingga mengeras. Keju vegan siap dinikmati.

Video Terkait