Sederet Makanan Alami yang Ampuh Atasi Sulit Buang Air Besar

Ilustrasi makanan pelancar buang air besar. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Senin, 14 Maret 2022 | 18:10 WIB

Sariagri - Kesulitan buang air besar merupakan kendala yang harus diatasi. Kesulitan buang air besar dapat terjadi seperti buang air besar tidak lancar, mengejan atau tinja yang keras.

Salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan buang air besar adalah makanan yang dikonsumsi. Melansir sejumlah sumber, makanan yang dimaksud adalah makanan pelancar buang air besar.

Dari makanan pelancar buang air besar itu dapat membantu meredakan sembelit. Nah, berikut ini sejumlah makanan pelancar buang air besar yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ubi

Ubi termasuk sebagai makanan pelancar buang air besar. Kandungan serat pada ubi dapat meringankan sembelit.

2. Apel

Apel juga termasuk sebagai makanan pelancar buang air besar. Apel kaya akan serat larut pektin yang dapat menarik air ke dalam usus besar, melunakkan tinja dan mengurangi waktu transit usus.

3. Bayam

Bayam termasuk sebagai makanan pelancar buang air besar. Bayam dan sejumlah sayuran hijau lainnya mengandung serat, folat dan vitamin C juga K. Kandungan tersebut dapat membantu memudahkan tinja melewati usus.

4. Kiwi

Siapa sangka buah kiwi justru termasuk makanan pelancar buang air besar. Kiwi mengandung actinidin yang dapat meningkatkan gerak usus untuk mengurangi sembelit.

5. Buah sitrus

Jeruk, lemon, jeruk nipis, anggur dan buah clementine termasuk dalam buah sitrus yang dapat melancarkan buang air besar. Buah-buahan ini mengandung senyawa yang dapat mengurangi sembelit termasuk pektin dan naringenin.

Video Terkait



Baca Juga: Sederet Makanan Alami yang Ampuh Atasi Sulit Buang Air Besar
Ini Penjelasan Betapa Pentingnya Mengonsumsi Buah dan Sayur