Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut

Ilustrasi ikan. (pexels)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Selasa, 1 Maret 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Setiap orang pasti berharap memiliki rambut yang sehat, tak heran jika perawatan kerap dilakukan untuk menampilkan rambut yang berkilau.

Namun, perawatan tidak melulu membuahkan hasil yang sepadan. Biasanya, rambut rontok tetap terjadi meskipun sudah melakukan perawatan.

Melansir NDTV, rambut yang sehat juga bergantung dari asupan makanan ke dalam tubuh. Pola makan yang buruk dapat mempercepat kerontokan rambut.

Berikut ini jenis makanan yang menyebabkan rambut rontok:

1. Gula

Gula merupakan makanan yang menyebabkan rambut rontok. Penelitian menunjukkan resistensi insulin yang menyebabkan diabetes dan obesitas dapat membuat seseorang kehilangan rambut bahkan kebotakan pada pria dan wanita. Faktor utama di balik resistensi insulin adalah diet tinggi gula, pati dan kabohidrat olahan.

2. Alkohol

Rambut terbuat dari protein yang disebut keratin. Alkohol berdampak negatif pada sintesis protein dan dapat menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan tidak berkilau. Bahkan konsumsi alkohol berat dapat membuat ketidakseimbangan nutrisi dan menyebabkan kematian folikel. Maka itu alkohol merupakan makanan yang dapat menyebabkan rambut rontok.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sarat dengan lemak jenuh dan tak jenuh tunggal yang dapat membuat obesitas, penyakit kardiovaskular dan kerontokan rambut. Diet kaya SFA dan MUFA dapat meningkatkan kadar testoteron yang berpotensi meningkatkan kadar hormon DHT.

Makanan berminyak juga berdampat pada kulit kepala berminyak dan menyebabkan penyumbatan pori-pori serta miniaturisasi folikel rambut. Makanan cepat saji merupakan makanan yang menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut
Ini 5 Makanan Artis Korea yang Bikin Kulit Glowing dan Rambut Indah

4. Putih telur mentah

Telur bagus untuk kesehatan rambut tetapi tidak boleh dikonsumsi mentah. Putih telur mentah dapat menyebabkan kekurangan biotin yaitu vitamin yang membantu produksi keratin.

5. Ikan

Tingkat merkuri yang tinggi pada ikan membuatnya menjadi makanan yang menyebabkan rambut rontok. Ikan laut seperti todak, mackerel, hiu dan beberapa jenis tuna kaya akan merkuri yang berbahaya.

Video Terkait