Studi: Mengenalkan Kacang Sejak Dini Bisa Cegah Alergi pada Anak

Ilustrasi kacang. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Kamis, 3 Maret 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Menambahkan kacang dalam menu makanan anak-anak dapat membantu mencegah alergi. Melansir Arab News, sebuah penelitian menyebut bahwa memperkenalkan kacang pada bayi dan anak-anak secara bertahap dapat mentoleransi alergen umum. 

Studi yang diterbitkan di The Lancet itu melibatkan 146 anak-anak berusia maksimal 3 tahun yang alergi terhadap kacang tanah. Dari kelompok itu, 96 diberi bubuk protein kacang setiap hari dengan dosis meningkat secara progresif (setara 6 kacang), sementara anak-anak lain menerima plasebo tepung gandum.

20 anak yang menerima bubuk kacang menunjukkan remisi alergi, artinya tidak ada reaksi yang terjadi setelah 6 bulan terapi berakhir. Bahkan mereka dapat mengonsumsi 6-12 kacang tanah. 

Baca Juga: Studi: Mengenalkan Kacang Sejak Dini Bisa Cegah Alergi pada Anak
Benarkah Makan Kacang dan Cokelat Bisa Jerawatan? Ini Penjelasan Dokter

Sementara anak-anak termuda (di bawah 12 bulan) paling sering mengalami remisi (tidak ada reaksi alergi).

“Intervensi yang sangat dini dapat memberikan kesempatan terbaik untuk mencapai remisi,” kata rekan penulis Stacie Jones.

Diketahui, alergi bisa berlangsung seumur hidup. Anak-anak yang mengalami alergi terpaksa harus menghindari kacang.

“Dalam kasus yang parah, ini dapat membatasi kebebasan anak-anak yang mengalami alergi kacang, terutama ketika harus menavigasi tempat penitipan anak atau sekolah dan ruang publik di mana makanan yang mereka konsumsi belum tentu aman,” ungkapnya.

Video Terkait