5 Makanan Kalori Negatif yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Ilustrasi makanan kalori negatif. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Arif Sodhiq - Senin, 28 Februari 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Makanan rendah kalori selalu menjadi incaran orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Setiap program diet memiliki trennya sendiri. Tujuannya tentu saja untuk menurunkan berat badan.

Belakangan muncul istilah makanan dengan kalori negatif. Teori makanan berkalori negatif adalah seseorang dapat mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak tapi tidak menambah berat badan.

Memakan makanan kalori negatif tidak akan merusak jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang dalam satu hari.

"Kami selalu menganggap bahwa negatif berarti buruk atau di bawah standar tetapi, dalam kasus ini, ini justru sebaliknya karena makanan yang mengandung kalori negatif dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa merusak jumlahnya. kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan tugas-tugas dalam kehidupan sehari-hari," ujar Kepala Ahli Gizi Priya Bharma, Institut Medis Tindakan Sri Balaji dilansir NDTV.

Berikut ini 5 makanan kalori negatif yang dapat masuk dalam program diet:

1. Seledri
Seledri termasuk jenis makanan kalori negatif. Seledri mengandung hampir 16 kalori per 100 gram. Sayuran ini menempati peringkat tinggi diantara makanan berkalori negatif. Selain itu seledri dikemas dengan serat, vitamin A, vitamin C dan folat.

2. Wortel
Wortel termasuk jenis makanan kalori negatif. Wortel mengandung sekitar 41 kalori per 100 gram. Sayuran berwarna oranye ini rendah kolesterol dan lemak jenuh yang dapat bekerja sangat baik untuk masalah hipertensi. Wortel merupakan sumber serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, mangan dan potasium.

3. Tomat
Tomat juga termasuk jenis makanan kalori negatif. Tomat mengandung minimal 19 kalori per 100 gram. Tomat merupakan sumber serat makanan, potasium dan vitamin C yang berair serta lezat. Tomat juga mengandung likopen, antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Buah ini juga dapat menurunkan kolesterol.

Baca Juga: 5 Makanan Kalori Negatif yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan
Jangan Disepelekan! Ini 5 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

4.Timun
Timun penuh dengan mineral, vitamin dan elektrolit dan sangat mengidrasi. Timun memiliki 16 kalori per 100 gram. Timun juga merupakan makanan pendingin yang membantu menjaga kesimbangan air tubuh di hari yang panas.

5. Semangka
Semangka kaya akan likopen yang membantu melindungi jantung. Semangka mengandung 30 kalori per 100 gram. Citruline dalam kulit dan daging semangka dapat memastikan aliran darah yang lancar dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Video Terkait